Sekda Saefullah Diusulkan Raih MURI, Ini Alasannya

Jakarta  MINGGU, 21 JULI 2019 , 21:14:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Sekda Saefullah Diusulkan Raih MURI, Ini Alasannya

Saefullah/Ist

Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta), M Rico Sinaga mengusulkan Saefullah yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta masuk dalam Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Saefullah yang dilantik menjadi Sekda DKI Jakarta sejak 11 Juli 2014 hingga kini posisinya belum tergantikan.

Saefullah tercatat menjabat sebagai Sekda DKI Jakarta di era empat gubernur definitif dan tiga Pelaksana tugas (Plt) gubernur.

"Kita tentu ingat, pucuk pimpinan di DKI ini berganti-ganti sejak Pak Saefullah dilantik, ada Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Djarot Saiful Hidayat, Soni Sumarsono, hingga saat ini Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tapi, Pak Saefullah ini betul-betul tak tergantikan, itu prestasi beliau, dalam waktu dekat kami segera mengusulkan ke MURI," kata Rico melalui keterangan tertulisnya, Minggu (21/7).

Rico menjelaskan, perpanjangan masa jabatan yang sebetulnya sudah habis pada 11 Juli 2019 menunjukkan Saefullah masih sangat dibutuhkan oleh Anies untuk bersama-sama membangun Jakarta.

Ia menilai, pasca mundurnya Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Saefullah bisa mengambil peran membantu Anies agar roda pemerintahan di Pemprov DKI Jakarta bisa berjalan dengan baik.

Bahkan, Pemprov DKI bisa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018.

"Saefullah terbukti bisa mengoordinasikan dan mengonsolidasikan seluruh SKPD untuk melaksanakan rekomendasi dari BPK sehingga WTP bisa diraih," tutup Rico.

Rico menambahkan, saat masih menjabat sebagai Ketua Lembaga Penelitian Pengembangan Pemerintahan Daerah (LP3D), dirinya pernah mengusulkan agar Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso mendapatkan rekor MURI karena menjabat orang nomor satu di ibukota di era lima Presiden RI.

Penyerahan rekor MURI dilaksanakan bertepatan dengan penyelenggaran pertemuan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) pada 2004.[dod]

Komentar Pembaca