Paripurna Pemilihan Wagub Molor, Ini Alasan Pansus Wagub DKI

Politik  SENIN, 22 JULI 2019 , 10:01:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Paripurna Pemilihan Wagub Molor, Ini Alasan Pansus Wagub DKI

Bestari Barus/Net

Rapat Paripurna pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta dipastikan mundur dari jadwal. Sedianya paripurna tersebut akan digelar pada Senin (22/7) hari ini.

Alasan mundurnya rapat paripurna dari jadwal yang ditetapkan karena hingga kini pimpinan Panitia Khusus (Pansus) Cawagub DKI belum juga melakukan rapat pimpinan gabungan bersama pimpinan DPRD.

"Karena sampai hari ini belum ada penjadwalannya, jadi ya mundur. Karena sampai hari ini belom rapimgab," ujar Wakil Ketua Pansus Pemilihan Wagub DKI Bestari Barus saat dikonfirmasi, Senin (22/7).

Bestari mengaku belum dapat memastikan kapan paripurna pemilihan digelar. Sebab, salah satu penyebab mundurnya sidang paripurna tersebut karena rapimgab yang membahas tatib pemilihan belum juga dilaksanakan.

Padahal pada Senin (15/7) lalu rapimgab juga batal digelar dengan alasan tidak kuorum. Sehari setelahnya, Senin (16/7), rapimgab tatib tersebut juga kembali batal digelar karena ada beberapa pihak yang tak bisa hadir.

"Tatib ini belum bisa dipakai. Udah beberapa kali (batal), dan kita sebetulnya pansus sudah selesai. Hanya aja sampai hari ini mekanisme di dewan itu kan bukan pansus yang menjadwalkan untuk rapim, kita kan gak bisa menjadwalkan rapim. Yang bisa menjadwalkan rapim itu Sekwan, jadi belum dijadwalkan," kata Bestari.

Tata tertib tersebut nantinya, disusun oleh anggota pansus untuk keperluan pemilihan calon DKI 2. Setelah drafnya selesai digarap, maka DPRD harus menggelar rapimgab guna membahas mengenai pasal-pasal yang ada dalam tatib tersebut.

Jika sudah disahkan tatib tersebut, maka mekanisme selanjutnya adalah penentuan anggota panitia pemilihan (Panlih) yang bertugas menetapkan calon. Pengumuman anggota panlih akan dilakukan bersamaan dengan paripurna pengesahan tata tertib.

Usai semua rangkaian pengesahan tatib dan panlih selesai, barulah DPRD DKI Jakarta bisa menggelar Bamus untuk menetapkan jadwal sidang paripurna guna pemilihan Wagub DKI Jakarta dilaksanakan.[dod]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19