Pertemuan Teuku Umar, Cara Megawati Kenalkan BG Gantikan LBP

Politik  KAMIS, 25 JULI 2019 , 12:35:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Pertemuan Teuku Umar, Cara Megawati Kenalkan BG Gantikan LBP

Pertemuan Megawati-Prabowo/Ist

Dalam pertemuan antara Megawati dengan Prabowo di Teuku Umar setidaknya ada dua agenda yang dibahas. Pertama dialog politik kemudian yang kedua agenda tersembunyi yaitu Megawati ingin mengenalkna Kepala BIN Budi Gunawan (BG) sebagai elite politik koalisi yang akan menggantikan peran Luhut Binsar Pandjaitan (LBP).

Begitu analisis politik dari Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah kepada Kantor Berita RMOL, Kamis (25/7).

Dalam pertemuan itu setidaknya kita bisa tangkap dua agenda,” jelas Dedi.

Peneliti dari Pusat Studi Demokrasi Partai Politik (PSDPP) ini menjelaskan, dalam pertemuan itu hanya Budi Gunawan yang merupakan orang non Partai Politik.

"Ada agenda tersembunyi, yakni upaya Megawati mengenalkan BG ke publik, sekaligus memberikan tanda ke elite politik koalisi, bahwa BG akan menjadi tokoh baru di kabinet,” ujarnya.

Bahkan lebih jauh dari itu, menurut Dedi, Megawati bisa membuat BG memiliki keleluasaan seperti Luhut Binsar Panjaitan (LBP) dalam Kabinet Kerja jilid I.

Atau bahkan memang penanda menggantikan LBP,” pungkasnya.

Mantan ajudan Megawati Soekarnoputri ketika menjadi Presiden itu kembali hadir dalam pertemuan politik. Setelah muncul pada pertemuan Jokowi-Prabowo pada 13 Juli lalu, BG kembali terlihat mendampingi Megawati menyambut Prabowo.

Saat menyambut kedatangan Prabowo, Megawati terlihat didampingi politisi teras PDIP Puan Maharni, Prananda Prabowo, Pramono Anung dan Hasto Kristiyanto.

Yang menarik, pada pertemuan itu terlihat BG yang notabene adalah kepala BIN dan Jenderal jebolan Akademi Kepolisian 1982 itu bukan politisi.

Sementara, Prabowo terlihat didampingi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.[dod]

Komentar Pembaca
Anies Keliling Pantau Misa Natal

Anies Keliling Pantau Misa Natal

SELASA, 24 DESEMBER 2019 , 19:24:00

Bersatu Dalam Keberagaman

Bersatu Dalam Keberagaman

RABU, 25 DESEMBER 2019 , 09:08:00

Genangan Di Kamal Muara Rampung Disedot

Genangan Di Kamal Muara Rampung Disedot

RABU, 25 DESEMBER 2019 , 21:10:00