DPR Setujui Laporan Pansus Pelindo II, Rieke: Proses Semua Pelanggaran yang Terjadi

Hukum  SABTU, 27 JULI 2019 , 17:25:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

DPR Setujui Laporan Pansus Pelindo II, Rieke: Proses Semua Pelanggaran yang Terjadi

Rieke Diah Pitaloka/net

Rapat Paripurna DPR RI menyetujui laporan Panitia Khusus Hak Angket (Pansus) Pelindo II. Politisi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka meminta semua pihak terkait mendukung keputusan tersebut.

"Secara khusus dalam salah satu poin rekomendasi Pansus Pelindo II mendesak pemerintah membatalkan perpanjangan kontrak pengelolaan Jakarta International Container Terminal ( JICT) 2015-2038 antara Pelindo II dan Hutchison Port Holding. Kita harap rekomendasi itu dapat dipenuhi secepatnya," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (28/7).

Ia juga meminta semua pelanggaran-pelanggaran hukum yang terjadi segera diproses. "Proses semua pelanggaran hukum, termasuk pelanggaran terhadap UU Serikat Pekerja," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Kamis (25/7) kemarin 10 fraksi yakni PDI-P, Gerindra, Golkar, PKS, PPP, Demokrat, NasDem, PAN, PKB dan Hanura secara bulat mendukung rekomendasi Pansus Pelindo II.

Dalam pandangannya, Fraksi Partai Nasdem meminta agar semua masalah terkaitĀ  indikasi penyalahgunaan wewenang dan dugaan adanya kerugian negara, diselesaikan sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pandangan serupa juga disampaikan oleh 9 fraksi lainnya.

Laporan akhir pansus itu kemudian diserahkan langsung kepada pimpinan DPR yang diwakili Bambang Soesatyo, Utut Adianto, dan Agus Hermanto.

Pansus meminta pimpinan DPR untuk dapat menyerahkan hasil kerja pansus termasuk audit investigasi BPK kepada presiden, KPK, Polri, Kementerian BUMN, dan Pelindo II untuk digunakan sebagaimana mestinya. [rah]


Komentar Pembaca