Bakamla RI/IDNCG Gelar Forum Upayakan Peningkatan SPIP

Nusantara  RABU, 31 JULI 2019 , 10:41:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Bakamla RI/IDNCG Gelar Forum Upayakan Peningkatan SPIP

Foto/Humas Bakamla

Dalam rangka meningkatkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Tahun 2019, Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) menggelar forum Bimbingan Teknis Persediaan & Tata Kelola Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Bakamla RI, di Markas Besar Bakamla/IDNCG, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/7).

Forum bertema "Pentingnya SPIP dalam mencapai tujuan organisasi" ini dibuka oleh Sestama Bakamla RI/IDNCG Laksda Bakamla S. Irawan, M.M., mewakili Kepala Bakamla RI/IDNCG Laksdya Bakamla A. Taufiq R.

Laksda Irawan mengatakan, sesuai UU no. 17 tahun 2003 tentang keuangan negara, bahwa pengelolaan keuangan negara dilakukan secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan efisien, ekonomis dan efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan. Dikatakannya pula, bahwa penatausahaan yang baik harus menganut prinsip akuntabilitas yang berorientasi pada hasil, profesionalitas, proporsionalitas, dan keterbukaan dalam pengelolaan keuangan negara.

Kegiatan bertujuan untuk mengindentifikasi dan mengevaluasi bagaimana kinerja Bakamla RI/IDNCG dalam sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) guna meningkatkan teknis Persediaan & tata Kelola Pertanggungjawaban pengelolaan keuangan pada tahun 2019. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja sistem internal yang efektif melalui audit yang handal.

Melalui forum ini pula para peserta semakin paham tentang pentingnya akuntabilitas, dan perlunya ada perubahan yang harus dilakukan kedepan agar Bakamla RI/IDNCG dapat terus maju dan kokoh kuat sebagai suatu instansi. Untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas, Bakamla RI/IDNCG harus memulainya melalui sumber daya manusia (SDM) yang baik dilanjutkan dengan proses yang efektif dan selanjutnya akan menghasilkan output (produk) yang sesuai dengan visi Bakamla RI/IDNCG.

Selaku nara sumber ahli yaitu Dr. Faisal yang sehari hari menjabat sebagai Direktur Pengawasan Bidang Hankam, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan (BPKP), serta Kasubdit Pengawasan Bidang Keamanan BPKP Kapsari, dan dua orang Auditor muda BPKP yaitu Dirga Wahana Purwa dan Danang Suryatmodjo. Kegiatan diikuti oleh pejabat dan personil setingkat Eselon II, III, IV serta perwakilan Zona Barat, Zona Tengah dan Zona Timur Bakamla RI/IDNCG. [rah]

Komentar Pembaca