Djarot: Arus Bawah PDIP Inginkan Megawati Lima Tahun Lagi

Politik  MINGGU, 04 AGUSTUS 2019 , 08:14:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Djarot: Arus Bawah PDIP Inginkan Megawati Lima Tahun Lagi

Megawati Soekarnoputri/Net

Kongres ke-V PDI Perjuangan yang akan digelar 8-10 Agustus mendatang akan membahas regenerasi partai dan persiapan Pemilu Presiden 2024.

Kongres mendatang itu mengangkat tema "Solid Bergerak untuk Indonesia Raya" dengan sub tema "Mewujudkan PDIP Sebagai Partai Pelopor".

"Peserta kongres itu bukan peserta biasa. Itu bisa dari utusan, bisa dari peninjau yang membawa mandat dari bawah," ujar Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat, saat ditemui usai menghadiri diskusi jelang Kongres V PDIP di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Sabtu (3/8).

Djarot memberi sinyal bahwa arus bawah PDIP masih menghendaki Megawati Soekarnoputri menjabat ketua umum sampai 5 tahun lagi. Mega dipercaya untuk mempersiapkan jalan menuju regenerasi di tahun 2024.

"Arus bawah mengatakan bahwa meminta kesediaan Ibu Mega, yang setelah itu kalau Bu Mega bersedia ya kembali menjadi ketua umum, untuk mengawal proses transisi menuju regenerasi 2024," terang mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Regenerasi itu akan dilakukan secara menyeluruh. Ketua umum yang terpilih, menjadi formatur tunggal untuk menentukan formasi pengurus DPP sampai ke 2024.

Djarot juga buka suara tentang kemungkinan Mega menyiapkan dua anaknya, Puan Maharani dan Prananda Prabowo, untuk memimpin partai.

"Keduanya itu mumpuni. Di PDIP tidak ada kader yang dimunculkan secara instan. Selalu mulai dari bawah dan menurut saya keduanya sangat pantas," ucap Djarot.

Selain itu, soal kemungkinan kehadiran Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dalam kongres mendatang, Djarot berharap hal itu benar terjadi.

"Kami berharap bisa hadir sehingga benar-benar bisa membangun rasa persatuan dan bisa mencerminkan bahwa Pak Jokowi itu presiden buat siapapun juga," tambahnya.

Prabowo mendapat undangan dari Megawati untuk menghadiri Kongres, saat makan siang bersama di kediaman Mega pada Rabu (24/7). Setelah pertemuan itu, menguat spekulasi bahwa Gerindra dan PDIP sedang menyiapkan jalan untuk duet kepemimpinan nasional lewat pencalonan di Pemilu 2024. Salah satu kemungkinan yang mengerucut adalah duet Prabowo dan Puan Maharani.[dod]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19