Anies: Mobil Berbasis Listrik Bebas Lewat Jalur Ganjil Genap

Jakarta  KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 17:32:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Anies: Mobil Berbasis Listrik Bebas Lewat Jalur Ganjil Genap

Anies Baswedan/RMOL

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan serius memerangi permasalahan polusi. Salah satunya menganjurkan warganya menggunakan kendaraan listrik dan beralih naik transportasi massal.

"Sekarang saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar gunakan kendaraan umum," kata Anies saat membuka Musyawarah Provinsi XIII Kadin DKI Jakarta di Golden Ballroom, The Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (8/8).

Anies juga menyarankan warga untuk bersiap memakai kendaraan berbasis listrik di Jakarta. Lantaran kendaraan dari energi listrik bebas dari aturan ganjil genap.

"Dan bersiap-siap untuk menggunakan kendaraan berbasis listrik. Karena ganjil-genap tidak berlaku jika anda menggunakan kendaraan berbasis listrik," tambahnya.

Bukan tanpa sebab, ini dikarenakan Presiden Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang percepatan pengembangan kendaraan bermotor listrik (mobil listrik) pada Senin (5/8) lalu.

Guna mendukung kebijakan itu, Anies menyarankan dunia perbankan juga mempersiapkan pembayaran berbasis elektroknik.

"Jadi, ya itu yang katakan tadi, ekosistemnya disiapkan, kalau bikin regulasi yang lengkap, seperti kemarin saya munculkan instruksi Gubernur, itu lengkap semuanya. Nah, ini terkait dengan listrik juga akan begitu, nanti sudah lengkap saya umumkan," tutupnya.

Perlu diketahui sebelumnya, Pemprov DKI telah resmi memutuskan perluasan sistem ganjil genap di ibukota Jakarta. Rute baru ini disosialisasi mulai 7 Agustus hingga 8 September dan akan diberlakukan mulai 9 September.

Dari 9 ruas jalan diperluas menjadi 25 ruas jalan di Jakarta yang terkena sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap. Sistem ini sendiri, diberlakukan dari Senin sampai Jumat, kecuali hari libur, pada pukul 06.00-10.00 dan pukul 16.00-21.00 WIB.[dod]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45