M Anwar Diminta Pangkas Kemiskinan di Jakarta Timur

Sosial  KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 18:47:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

M Anwar Diminta Pangkas Kemiskinan di Jakarta Timur

M Anwar/Net

Angka kemiskinan yang tinggi di Jakarta Timur sepatutnya disikapi secara serius. Angka kemiskinan di Jakarta Timur tercatat mencapai 3,46 persen alias tertinggi dari empat wilayah kota lain di ibukota.

Sekretaris Jenderal Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita), Hilman Firmansyah mendorong Walikota Jakarta Timur M Anwar segera berbenah untuk mengurangi tingkat kemiskinan rumah tangga melalui program-program peningkatan kesejahteraan.

Karena sangat ironi, Jakarta Timur yang memiliki sentral industri Kawasan Industri Pulogadung justru tingkat kemiskinannya tertinggi.

Padahal Kawasan Industri Pulogadung dapat menyerap lapangan pekerjaan untuk meningkatkan taraf hidup warganya.

Bukan cuma itu, Jakarta Timur juga mempunyai Perkampungan Industri Kecil (PIK) di daerah Penggilingan, Cakung yang dapat memberdayakan sektor UMKM dan industri kecil warganya.

Seperti yang Disampaikan Sekretaris Dinas Sosial DKI Jakarta, Mariana bahwa angka kemiskinan tertinggi di ibukota ada di kawasan Jakarta Timur yaitu 3,46 persen.

Hal ini disebabkan kepadatan penduduk di kawasan itu. Padatnya penduduk di kawasan itu membuat daerah ini menjadi kumuh.

Pemanfaatan program bagi warga Jakarta harus terus ditingkatkan, seperti Kartu Jakarta Lansia, bantuan untuk disabilitas, bantuan untuk anak-anak yang mengalami stunting.

Meski demikian, ada kesulitan dalam menyalurkan program-program tersebut. Khususnya terkait verifikasi data calon penerima program. Dinas Sosial harus memastikan orang-orang yang akan mendapatkan bantuan itu memang benar layak.

Adapun sebaran rumah tangga miskin di DKI Jakarta, yakni Jakarta Timur ada 3,46 persen, Jakarta Barat ada 1,02 persen, Jakarta Pusat ada 1,71 persen, Jakarta Utara 2,76 persen, dan Jakarta Selatan 2,86 persen.[dod]

Komentar Pembaca
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11