Ini Deretan Jabatan Menteri Yang Diincar PDIP

Politik  JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 22:39:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Ini Deretan Jabatan Menteri Yang Diincar PDIP

PDI Perjuangan/Ist

PDIP menyodorkan lebih dari 10 nama kandidat menteri kepada Presiden Joko Widodo. Harapannya, Jokowi mempertimbangkan ini karena PDIP adalah pemenang Pemilu 2019.

"Ya lebih dari 10 lah. Kan kemarin Presiden bilang bahwa insya Allah PDIP akan mendapatkan posisi lebih banyak karena memang suaranya lebih banyak dan merupakan partai pemenang pemilu," kata politikus PDIP Puan Maharani kepada wartawan di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Jumat, (9/8).

Nama para kandidat menteri ini sudah disepakati setelah pembahasan terbatas dan tertutup PDIP. Menko PMK ini tak mau menyebutkannya salah satu nama kandidat itu.

"Ya banyak, ya, menurut kalian siapa contoh dari kalian siapa yang pantas? Bingung kan, ya ya sudah nanti aja lihat," ujar Puan.

Dia sadar adanya kemungkinan partai lain tak ikhlas bila permintaan PDIP ini dikabulkan Jokowi. Tapi dia meminta semua partai melihat hasil Pemilu 2019 sebagai acuannya.

"Itu kan hak semua parpol, ada yang ikhlas, ada yang enggak ikhlas. Ya, nanti kita lihat saja dari hasil perolehan suaranya di pemilu," terang Puan.

Sementara itu, politikus PDIP Masinton Pasaribu mengatakan, PDIP layak mendapatkan kursi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes-PDTT), serta Menteri Pertanian.

Menurut Masinton, kader PDIP pantas menduduki jabatan tersebut karena konstituennya kebanyakan berasal dari desa dan bekerja di sektor pertanian.

"Kalau kami sih berharap portofolio pertanian pedesaan itu (jatahnya) PDI Perjuangan karena di situ banyak konstituennya," kata Masinton

Selain itu, Masinton mengatakan, PDIP juga layak mendapatkan kursi Menteri Hukum dan HAM, yang saat ini dijabat oleh Yassona Laoly yang merupakan kader PDIP.

Tapi, dari semua permintaannya itu, Masinton menegaskan, keputusan akhir tentang posisi menteri ada di tangan Presiden Jokowi.

"Kalau nambah kan tinggal ditambah saja. Nambah itu kan tergantung presiden nanti nambahnya berapa, ya komposisinya siapa," tutup Masinton.[dod]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19