Kendaraan Bermotor Lewat Jakarta Harus Lolos Uji Emisi

Jakarta  SELASA, 13 AGUSTUS 2019 , 13:13:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Kendaraan Bermotor Lewat Jakarta Harus Lolos Uji Emisi

Anies Baswedan/RMOL

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan kembali terkait keberadaan kendaraan bermotor dari luar Jakarta akan dikenakan parkir dengan harga tinggi bila tidak lulus dalam uji emisi yang sekarang sedang di garap oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Nyatanya bila sudah lolos uji emisi, Anies tidak mempersoalkan kendaraan bermotor di kawasan sekitar Jakarta.

"Boleh masuk (kendaraan dari luar) ke Jakarta tidak masalah. Tapi parkir kendaraan yang tidak lolos uji emisi akan lebih mahal ketimbang kendaraan yang lolos uji emisi," kata Anies usai meluncurkan aplikasi Uji-Emisi di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (13/8).

Itu sebabnya, bila ingin melewati Jakarta semua kendaraan bermotor yang beroperasi di Jakarta harus lolos uji emisi, termasuk warga yang selama ini bermukim di luar ibukota tapi bekerja di Jakarta.

"Kualitas residu yang kita keluarkan dari semua kegiatan ekonomi, baik produksi pabrik sampai kegiatan menggunakan kendaraan menggunakan kendaraan bermotor. Mari kita sama-sama kurangi jumlah residunya, polutannya," ujar Anies.

Dengan cara memperketat uji emisi itu, Anies berharap kualitas udara Jakarta bisa membaik.

"Kita targetkan tahun ini adalah tahun terakhir dimana uji emisi longgar. Mulai tahun 2020, kita akan disiplin menerapkan bahwa hanya memroses kendaraan-kendaraan yang sudah melakukan uji emisi," tutupnya.[dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00