DPRD Setuju Kucurkan Dana Rp 360 Miliar Untuk Formula E

Olahraga  SELASA, 13 AGUSTUS 2019 , 22:21:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

DPRD Setuju Kucurkan Dana Rp 360 Miliar Untuk Formula E

Triwisaksana/Ist

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menyetujui anggaran belanja langsung yang sebelumnya diajukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menggelar balapan Formula E di Jakarta.

Anggaran tersebut disetujui melalui Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) untuk rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019.

Dana anggaran yang disetujui sebesar Rp 360 miliar atau 20,79 juta poundsterling. Dalam pengajuan dana sebelumnya Pemprov mengusulkan dana sebesar Rp 345,9 miliar dengan menggunakan kurs dollar yaitu USD 24,1 juta atau 20 juta poundsterling. "Baik Formula E berarti Rp 360 miliar adanya di Dispora. Karena tadi salah ngitung mata uang (dollar) jadinya poundsterling. Jadi total Rp 360 miliar," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana dalam rapat KUPA-PPAS 2019 di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (13/8).

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala Bappeda DKI Jakarta, Sri Mahendra yang mengatakan awalnya Pemprov DKI bersurat ke Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sayangnya terkait usulan balapan Formula E, pemerintah pusat tidak memiliki anggaran.

Jalan keluarnya, anggaran tersebut dibebankan melalui APBD setelah dapat rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sehingga ini bisa dimasukkan di SKPD belanja langsung di Dinas Pemuda dan Olahraga. Ini dukungan dari Kemenpora dan Kemendagri. Jadi semula kan ada di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, lalu digeser ke Komisi E dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, ini merupakan kegiatan baru," jelas Sri.

Diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta harus menyetor dana 20 juta Poundsterling guna menjadi tuan rumah balap mobil listrik Formula E, bila dirupiahkan jumlah itu setara dengan Rp 345,9 miliar.

Nantinya dana tersebut, disetorkan Pemprov DKI Jakarta kepada Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E.[dod]

Komentar Pembaca