Terungkap, Gelar MotoGP Lebih Murah Dari Formula E

Olahraga  RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 05:46:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Terungkap, Gelar MotoGP Lebih Murah Dari Formula E

Anies Baswedan/RMOL

Pemprov DKI Jakarta ternyata harus menggelontorkan dana 24,1 juta USD atau Rp 345 miliar untuk bisa menggelar Formula E pada tahun 2020.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan dana 24,1 juta USD itu akan disetor kepada Federasi Otomotif Internasional (FIA) untuk menjadi tuan ruamh Formula E pada tahun 2020 mendatang.

"Saya beri daftarnya ya. Untuk Formula E biaya penyelenggaraannya 24,1 juta dollar, dollar Amerika ya. Untuk MotoGP biaya penyelenggaraan nya 7-9 juta USD, F1 29,4 juta USD, Piala Dunia 11.600 juta USD," kata Anies di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (13/8).

Meski terbilang mahal, Anies menyakini timbal balik penyelenggaraan Formula E akan menghasilkan pergerakan perekonomian. d Dalam proyeksi konservatif sekitar Rp1,2 triliun.

"Jadi, kita keluarkan biaya tapi akan dapat Rp1,2 triliun. Itu baru prediksi konservatif. Apalagi, kalau asumsi penonton, akan sangat konservatif sekali. Jadi, insya Allah (pendapatan) bisa lebih besar lagi," ujar Anies.

Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta sudah menyetujui anggaran terkait dengan penyelenggaraan formula E yang akan digelar pada 2020 mendatang sebesar Rp360 miliar.

Melalui Dinas Pemuda dan Olahraga DKI (Dispora) anggaran tersebut disetujui dalam pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) untuk rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019.

"Baik Formula E berarti Rp 360 miliar adanya di Dispora. Karena tadi salah ngitung mata uang (dollar) jadinya poundsterling. Jadi total Rp 360 miliar," ucap Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana dalam rapat KUPA-PPAS 2019 di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/8).

Diketahui bersama, Formula E merupakam turnamen balapan terpopuler kedua sesudah Formula 1. Bedanya dengan Formula 1, Formula E sudah menggunakan mesin bertenaga listrik sehingga bebas emisi. Nantinya aksi kebut-kebutan ini bakal diadakan di jalan raya yang diubah jadi sirkuit sementara.

Bila nantinya akan diadakan di Jakarta, rute pertama yang akan dijadikan trek Formula E dimulai dari: Silang Monas Tenggara - MI Ridwan Rais- Tugu Tani - MI Ridwan Rais - Merdeka Selatan - Wisma Antara - Kedubes AS- Silang Monas Tenggara.

Sementara rute kedua, yakni Silang Monas Selatan (sebagai pit stop) - Jalan Medan Merdeka Selatan - belakang Stasiun Gambir - Jalan MI Ridwan Rais - belok kanan ke Jalan Medan Merdeka Selatan - Bundaran Air Mancur - Silang Monas Selatan.[dod]

Komentar Pembaca
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11