Bestari: Anies Gagal Paham Soal Wagub

Politik  KAMIS, 15 AGUSTUS 2019 , 12:20:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Bestari: Anies Gagal Paham Soal Wagub

Anies Baswedan/Ist

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan disebut gagal paham soal mekanisme proses pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wagub DKI Jakarta, Bestari Barus di Jakarta, Kamis (15/8).

Pernyataan Bestari ini menanggapi sindiran Anies yang menyebut Pansus Pemilihan Wagub DKI kinerjanya maju mundur.

Menurutnya, kerja anggota Pansus Pemilihan Wagub DKI sudah selesai di tahap penyusunan draft tata tertib karena memang sampai begitu saja kewenangannya.

Bestari menjelaskan proses pemilihan Wagu sudah mencapai tahap Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) untuk pengesahan Tatib.

"Pemilihan Wagub itu bukan ranah kerja pansus. Pansus itu tugasnya hanya menyusun tata tertib (tatib) saja," kata Bestari.

Setelah itu, lanjut Bestari, pansus hanya menunggu agenda Rapimgab untuk penyelarasan dan persetujuan DPRD dalam pengesahan Tatib.

Usai Rapimgab digelar, proses selanjutnya yang akan dilakukan adalah membentuk Panitia Pemilihan (Panlih) untuk teknis penyelesaian Wagub DKI.

"Baru kemudian, DPRD membentuk panitia pemilihan (Panlih)," jelas Bestari.

Karenanya Bestari meminta Anies tak gagal paham dan seakan-akan menilai kinerja DPRD tidak benar.

"Semoga penjelasan ini dapat dimengerti dan dipahami dan semua pihak dapat pula membedakan apa itu Pansus dan apa itu Panlih," tegas Bestari.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyindir kinerja Pansus Pemilihan Wagub DKI yang hingga kini belum juga menyelesaikan proses pemilihan DKI 2.

"Kursinya aja belum ada di depan itu," sindir Anies ketika ditanya Wagub DKI Jakarta oleh awak media usai menghadiri rapat paripurna Umum Perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD DKI Jakarta Tahun Anggaran 2019, di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

Tak hanya disitu, Anies pun berkelakar dengan awak media sesaat akan diwawancarai soal rapat paripurna tersebut. Dimana salah satu wartawan televisi yang menunggu untuk (door stop) atau wawancara meminta Anies lebih maju dari posisinya berdiri.

"Kayak Pansus aja maju mundur," canda Anies disambut tawa para awak media.[dod]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19