SPPSI Tolak Surat BPH Migas Soal Pembina Upacara

Nasional  KAMIS, 15 AGUSTUS 2019 , 14:58:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

SPPSI Tolak Surat BPH Migas Soal Pembina Upacara

Muhammad Syafirin/Ist

Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) menegaskan penolakannya terhadap terbitnya surat dari Badan Pengaturan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) perihal Penugasan Pembina Upacara dari Menteri ESDM.

SPPSI menilai, BPH Migas bukan bagian dari struktural Pertamina dan tidak ada urgensinya maka SPPSI merasa keberatan jika BPH Migas menjadi pembina upacara peringatan HUT RI ke - 74 di beberapa unit operasi strategis Pertamina.

"Penolakan lebih kepada tak ada urgensinya ESDM upacara di Pertamina. Terlebih kami (SPPSI) menilai BPH Migas bukan bagian dari struktural Pertamina," kata Ketua Umum SPSI, Muhammad Syafirin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/8).

Menurutnya, upacara HUT RI ke - 74 merupakan motivasi bagi pekerja dengan mengambil semangat para pejuang kemerdekaan dalam merebut dan mempertahankan bangsa ini dari penjajah, dan seharusnya dilakukan oleh pimpinan di masing-masing unit yang paham tentang operasional perusahaan.

"Bukan instansi lain terlebih hanya untuk gagah-gagahan saja," ujar Syafirin.

Ia mengaku khawatir jika kegiatan tersebut dilakukan, maka dapat menimbulkan pelanggaran terhadap tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG), seperti akan ada kegiatan protokoler, penyambutan dan lain-lain. Padahal setelah upacara pekerja Pertamina, khususnya TBBM akan melanjutkan pekerjaannya walau hari libur.

Untuk itu SPPSI akan melayangkan surat kepada Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) sebagai respon penolakan.

Diketahui, BPH Migas mengeluarkan surat edaran perihal penunjukan pembina upacara dalam peringatan HUT RI Ke - 74. Dalam surat bernomor 3995/KA/BPH Migas/2019 ditujukan kepada Direktur Utama PT Pertamina (Persero) dan Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (Tbk).

Surat tersebut berisi arahan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada Kepala BPH Migas agar menugaskan Pejabat setingkat Eselon I dan Eselon II di lingkungan BPH Migas beserta Tenaga Ahli Menteri ESDM sebagai Pembina Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republlk Indonesia Ke-74 tanggal 17 Agustus 2019 dengan lokasi dan Terminal BBM dan Kantor Badan Usaha Gas Bumi.[dod]

Komentar Pembaca
Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37