HUT Kemerdekaan di Pulau Reklamasi, 5 PNS DKI Diganjar Penghargaan

Jakarta  SABTU, 17 AGUSTUS 2019 , 11:09:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

HUT Kemerdekaan di Pulau Reklamasi, 5 PNS DKI Diganjar Penghargaan

Upacara Kemerdekaan RI di Pulau Reklamasi/Ist

Pemprov DKI Jakarta menggelar upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-74, di Kawasan Pantai Maju, Jakarta Utara, Sabtu pagi (17/8).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, sebagai pembaca naskah Prokamasi Kemerdekaan RI. Adapun tema peringatan HUT RI ke-74 adalah SDM Unggul, Indonesia Maju.


Anies pun mengajak seluruh komponen masyarakat Jakarta terus bersinergi bersama Pemprov DKI Jakarta dalam berupaya meningkatkan kualitas SDM, daya saing, dan keunggulan kota Jakarta melalui berbagai program strategis.

Melalui Wajah Baru Jakarta, Pemprov DKI Jakarta ingin mewujudkan Jakarta sebagai kota maju dan lestari, kota berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan, dan kesejahteraan bagi semua.

Kita menyelenggarakan upacara secara khusus di lahan ini, di Pantai Maju, lahan hasil reklamasi. Ini adalah lahan yang ketika proklamasi dikumandangkan, belum ada tanah ini. Tapi, kita ingin kirimkan pesan kepada semua, bahwa ini bukan lahan milik pribadi. Ini adalah lahan milik Negara Republik Indonesia, tanah kita dan kita ingin memastikan bendera merah putih pun berkibar di tanah ini. Mari kita isi kemerdekaan dengan peran nyata mewujudkan kemandirian, memperkuat persatuan dan kesatuan, meningkatkan kualitas pribadi dan daya saing. Sehingga, masyarakat Jakarta menjadi warga yang maju, berdaya saing, di daerah global,” kata Anies.

Lebih lanjut, Anies berpesan agar seluruh komponen masyarakat bersama Pemprov DKI Jakarta bahu-membahu meneruskan perjuangan para pejuang kemerdekaan dengan terus berkolaborasi membangun negeri Indonesia, khususnya Ibu Kota Jakarta, sesuai dengan bidang tugas dan keilmuan yang dimiliki.

Ciptakan karya baru, munculkan ide dan gagasan baru untuk kejayaan Indonesia Ibu kota Jakarta di masa yang akan datang. Tahun ini menjadi tahun di mana kita mengirimkan pesan kepada semua, kedaulatan di Jakarta. Kita pertahankan dan penghargaan kepada para pejuang kita tinggikan. Dan pesan kepada seluruh jajaran, mari kita teruskan perjuangan ini di bidang kita,” tutur Anies.

Kemudian, Anies turut menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada 5 ( Pegawai Negeri Sipil (PNS) berprestasi, yaitu: Agung Pujo Winarko, S.Si, M.Si : Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta; Ahmad Ghiffari M.Se., MBA : Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah Provinsi DKI Jakarta; Irfan SH, MM : Badan Pengelola Aset Daerah Provinsi DKI Jakarta; Andrie Yuswanto S.Kom : Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta; Ns. Sri Rahayu S.Kep : Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo, Kota Administrasi Jakarta Timur - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Di samping itu, Penghargaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia kategori Pemenang Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019 dalam kegiatan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional Tahun 2019, diberikan kepada: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta (Satuan Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kelurahan Cipedak), dengan Inovasi Dukcapil Online Simas Gesit serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta, dengan Inovasi Telepon dalam Kedaruratan 112.

Hadir dalam upacara ini, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah; para Wakil Ketua serta Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta; para Pejabat Pemprov DKI Jakarta dan para Pimpinan BUMD Provinsi DKI Jakarta; Ketua TP PKK DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis; dan para Anggota Dharma Wanita Persatuan DKI Jakarta; Para Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah; serta para Anggota Legiun Veteran, Para Pinih Sepuh dan Pejuang Perintis Kemerdekaan.

Sementara itu, pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh Paskibraka Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 yang berjumlah 54 orang, tim paduan suara dari Jakarta Youth Choir Binaan Dispora DKI Jakarta, serta Korps Musik dari Disgulkarmat Provinsi DKI Jakarta.[dod]

Komentar Pembaca
Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37