Pimpin Upacara di Mimika, Menteri Jonan Dianggap Jumawa

Polhukam  SENIN, 19 AGUSTUS 2019 , 11:04:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Pimpin Upacara di Mimika,  Menteri Jonan Dianggap Jumawa

Ignasius Jonan/Net

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, dinilai jumawa sebagai seorang pejabat negara.

Hal tersebut terjadi saat Jonan mengikuti upacara peringatan HUT ke-74 RI di dataran tinggi Tembagapura, Mimika, Papua, tepatnya di area PT Freeport Indonesia.

"Wong Presiden Joko Widodo saja kalau akan melakukan kunjungan ke daerah saja pasti mengundang dan menemui pejabat pemerintah daerah setempat. Ini baru sekelas Menteri ESDM aja kok udah jumawa banget ya," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono melalui keterangan tertulisnya, Senin (19/8).

Arief menilai Menteri ESDM tidak menghormati Pemerintah Daerah Mimika dengan asal selonong boy merayakan upacara HUT RI sebagai pemimpin upacara.

Kata Arief, tindakan Jonan sama saja memganggap Pemda Mimika dimana lokasi Freeport tempat Jonan memimpin upacara HUT RI bukanlah pemda yang mesti dikulonuwunin atau setidaknya memberitahu Pemda Mimika.

"Jadi sangat wajar kalau Bupati Mimika protes keras dengan apa yang dilakukan Jonan dengan memimpin HUT RI," ujar Arief.

"Atau jangan-jangan Polres dan Kodim di Mimika juga engak tahu Jonan mimpin HUT RI di Freeport. Wah ini bahaya ya. Sebab kan keadaan keamanan di sekitar Freeport kurang kondusif," sambungnya.

Berkaca dari masalah ini, Arief menyarankan Presiden Jokowi tak lagi menggunakan jasa menteri seperti Jonan dalam kabinetnya.

"Apalagi kemarin listrik padam di Jawa merupakan buruknya kinerja ESDM. Ditambah lagi banyak korupsi di sektor ESDM," tutup Arief.

Saat peringatan Hari Kemerdekaan RI, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, menjadi inspektur upacara pengibaran bendara merah putih di kawasan yang berdekatan dengan tambang Freeport, Tembagapura, Mimika, Papua.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (FI), Tony Wenas, dan para manajemen PT FI, termasuk para pekerja ekspatriat Freeport, turut hadir dalam upacara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIT itu.

Acara dihadiri oleh ribuan peserta, khususnya para pekerja PT FI dan warga. [dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00