Gema Cita Ikutan Dukung Kota Bekasi Masuk DKI Jakarta

Nasional  RABU, 21 AGUSTUS 2019 , 22:08:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Gema Cita Ikutan Dukung Kota Bekasi Masuk DKI Jakarta

Kota Bekasi/Net

Wacana bergabungnya Kota Bekasi dalam Provinsi DKI Jakarta memperoleh respon positif dari sejumlah pihak. Salah satunya dari Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita).

Sekjen Gema Cita, Hilman Firmansyah secara tegas mendukung keinginan Kota Bekasi untuk bergabung dengan provinsi yang dipimpin Gubernur Anies Baswedan.

"Dilihat dari aspek sejarah,sosial, budaya dan ekonomi Kota Bekasi lebih memiliki kultur yang sama dengan Jakarta," kata Hilman melalui keterangan tertulisnya, Rabu (21/8).

Secara ekonomi, Kota Bekasi merupakan sebagai penyangga Ibukota Jakarta. Belum lagi secara kultur memiliki kesamaan budaya Betawi.

Gema Cita berharap Kota Bekasi masuk menjadi bagian DKI Jakarta. Ketergantungan dan keterikatan antara Kota Bekasi dengan Pemprov DKI Jakarta juga lebih besar. Seperti pada persoalan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, transportasi dan pertumbuhan perkotaan.

Dalam bidang penanganan keamanan, Kota Bekasi masuk dalam Polda Metro Jaya. Kemudian bantuan keuangan provinsi, DKI Jakarta lebih besar memberikan bantuan. Tahun lalu misalnya, bantuan dari DKI mencapai Rp 500 miliar, sedangkan bantuan Jawa Barat berkisar Rp 20-30 miliar saja.

"Artinya, dampak keuangan DKI Jakarta sebagai daerah perbatasan lebih besar dibandingkan Jawa Barat. Sistem pemerintahan tentunya harus menyesuaikan kondisi politik di Kota Bekasi jika nantinya bergabung dengan DKI Jakarta," tutup Hilman.[dod]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19