Ini Nama Baru Beberapa SKPD Pemprov DKI

Politik  KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 19:21:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Ini Nama Baru Beberapa SKPD Pemprov DKI

Sereida Tambunan/Net

DPRD DKI Jakarta akhirnya menyetujui usulan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan soal perubahan nama atau menghapus sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam rapat paripurna penyampaian usulan revisi Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah bersama DPRD DKI Jakarta.

"Dinas itu dimunculkan agar dapat fokus mengembangkan unsur kebudayaan dan kearifan lokal," ujar Anggota DPRD DKI Jakarta dari PDIP, Sereida Tambunan yang menyampaikannya dalam sidang paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (22/8).

DPRD DKI menyetujui penghapusan nomenklatur Dinas Perindustrian dan Energi. Selain itu, DPRD juga mengesahkan perubahan nama empat perangkat daerah di lingkungan Pemprov DKI.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Dinas Kehutanan menjadi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota; Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan menjadi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.

Sementara itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi menjadi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi. Terakhir, Badan Pajak dan Retribusi Daerah jadi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Perubahan nama ini, diharapkan mampu membuat kinerja lebih baik kembali dalam melayani maayarakat.

"Penataan perangkat daerah tersebut diharapkan kedepan tidak terjadi lagi duplikasi tugas dan fungsi, tumpang tindih atau saling lempar tanggung jawab diantara perangkat daerah serta diharapkan juga dapat mendorong dan meningkatkan kinerja perangkat daerah," tutup Sereida.[dod]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19