KiosTix dan Traveloka Sharing Pengalaman Pada Mahasiswa Vokasi Pariwisata UI

Ragam  SENIN, 26 AGUSTUS 2019 , 20:34:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

KiosTix dan Traveloka Sharing Pengalaman Pada Mahasiswa Vokasi Pariwisata UI

Diskusi industri event dan tourism di UI/ist

RMOLJakarta. Hampir semua industri kini telah terdistrupsi menyesuaikan diri ke dalam platform industri digital. Terutama untuk menyasar kaum milenial. Tak terkecuali terhadap industri event dan tourism di Indonesia.

Hal ini tersebut diungkap dalam diskusi bertajuk "The Digital Future of Tourism & Event Industry" yang digelar di Gedung C, Kampus Vokasi UI, Depok, Jawa Barat, Senin (26/8).

Menyikapi tren digitalisasi ini, Dr. Diaz Pranita, MM dari Program Vokasi Universitas Indonesia mengatakan, transformasi teknologi dan disrupsi ekonomi digital saat ini memang sudah merupakan keniscayaan yang merambah di semua sektor kehidupan. Sehingga yang perlu dilakukan adalah semua orang harus menyesuaikan dengan trend ini, termasuk pada industri pariwisata dan hiburan.

"Dunia pendidikan kini juga telah berubah dan beradaptasi dengan trend ini. Diantaranya dengan membentuk program vokasi yang link and match dengan industri, dan siap membentuk SDM unggul yang siap menghadapi revolusi industri 4.0," katanya.

"Kami sangat berterima kasih kepada KiosTix dan Traveloka mau berbagi pengalaman tentang ini dengan para mahasiswa Vokasi UI. Ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk bertanya dan mengenal langsung industri ini," ujarnya pada acara diskusi tersebut.

Sementara itu Vice President Sales dan Partnership KiosTix, Andhika Soetalaksana, pada acara diskusi itu mengungkapkan, hampir setiap pekan kita mendengar ada investasi dan akuisisi perusahaan-perusahaan start-up digital di Indonesia oleh para pemodal besar dengan nilai akumulasi investasi sangat tinggi. Ini menandakan industri digital di Indonesia sangat prospektif. Tak terkecuali start-up digital seperti KiosTix dan Traveloka.

"Apalagi industri event, seperti konser musik, pertandingan olahraga, dan MICE (meeting, incentive, conference, exhibition) di Indonesia saat ini sangat berkembang pesat. Yang bisa menjadi peluang pekerjaan dan karir bagus bagi mahasiswa dari jurusan vokasi pariwisata setelah lulus nanti,” ujar Andhika.

Hal senada juga disampaikan Public Relation Director of Traveloka, Sufintri Rahayu. Menurutnya industri pariwisata di Indonesia, merupakan salah satu industri dengan peluang bisnis yang sangat baik.
"Potensi pengembangan industri ini masih sangat luas, dan kita beruntung dengan dukungan dari pemain maupun pemerintah kepada industri ini sangat kuat," ujarnya.

Apalagi saat ini Presiden Jokowi juga telah menjadikan pariwisata sebagai salah satu dari sektor prioritas pembangunan, sehingga masa depan jurusan pariwisata sangat prospektif.

"Sebagai gambaran, saat ini ada lebih 40 juta pelanggan di Traveloka, dan setiap hari lebih 1 juta transaksi sektor pariwisata melalui Traveloka," tambanya. [rah]


Komentar Pembaca
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11