Empat Tugas Mendesak Pantas Sebagai Ketua DPRD Sementara

Politik  SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 07:24:00 WIB | LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA

Empat Tugas Mendesak Pantas Sebagai Ketua DPRD Sementara

Pantas Nainggolan/Net

Ketua DPRD DKI Jakarta sementara, Pantas Nainggolan mengatakan ada empat fokus utama yang harus dirampungkan dalam waktu dekat.

Salah satu dari empat tugasnya adalah memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi yang ada di DPRD DKI Jakarta.

"Satu, memimpin rapat-rapat DPRD DKI. Dua, memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi," kata politisi PDIP ini usai dilantik menjadi Anggota DPRD DKI dan disahkan sebagai Ketua DPRD sementara, Senin (26/8).

Selanjutnya, bersama dengan Wakil Ketua DPRD DKI sementara yang berasal dari Partai Gerindra, Syarif, mereka akan memfasilitasi penyusunan tata tertib DPRD dan memilih pimpinan DPRD definitif.

"Tiga, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD dan keempat memproses penetapan pimpinan DPRD definitif," tutup Pantas.

Sebelum membacakan empat tugas utama, Pantas dan Syarif secara simbolis melakukan serah terima berupa palu dan buku memoar dengan pimpinan DPRD DKI lama.

Penyerahan itu disaksikan langsung oleh 106 anggota DPRD DKI yang dilantik di ruangan yang sama.

Pengangkatan Pantas dan Syarif bukan tanpa landasan hukum. Kedua politisi itu diangkat secara sementara berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.31-3766 Tahun 2019 tentang Peresmian, Penangkatan DPRD DKI Jakarta masa jabatan 2019-2024, selama pimpinan DPRD DKI Jakarta belum terbentuk, maka dipimpin pimpinan sementara," ujar Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD DKI Jakarta, Dame Aritonang di Gedung DPRD DKI Jakarta.[dod]

Komentar Pembaca