LIPI: Kementan Sukses Gali Potensi Komoditas Strategis Ekspor

Ekonomi  RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 10:56:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

LIPI: Kementan Sukses Gali Potensi Komoditas Strategis Ekspor

Amran Sulaiman/Net

Kemampuan Kementerian Pertanian (Kementan) mengimplementasikan inovasi teknologi untuk menggali potensi pangan adalah salah satu faktor meningkatnya ekspor.

"Hasil yang perlu diapreasiasi untuk peningkatan ekspor pertanian. Apalagi kalau itu komoditas pertanian strategis," kata peneliti LIPI Laksana Tri Handoko, Rabu (28/8).

Laksana menyampaikan, petani adalah komunitas yang paling merasakan manfaat dari menanjaknya ekspor pertanian.

Lainnya, menurut Laksana, yang perlu lagi dilakukan ke depannya adalah kerja sama antara Kementan dengan berbagai lembaga guna mendukung bertambahnya ekspor pertanian.

Pasalnya, Laksana beranggapan, pola kerja sama berbasi riset dan penerapan teknologi kini telah saatnya dilakukan untuk mendongkrak hasil pertanian.

Seperti diketahui, Mentan Amran Sulaiman beberapa waktu terakhir banyak melepas ekspor komoditas pertanian ke berbagai negara lainnya.

Komoditas pertanian yang di ekspor tersebut antara lain, mangga Bali, bunga anggrek putih, bawang merah, kopi, kakao dan lainnya.

Mengacu pada data yang ada, nilai ekspor produk pertanian Indonesia selama 4,5 tahun terakhir tercatat mampu terus meningkat.

Berdasarkan data tahun 2013, besaran jumlahnya adalah sekitar 33,5 juta ton. Kemudian pada tahun 2016 mengalami dua kali kenaikan mencapai 36,1 juta ton dan 40,4 juta ton.

Begitu juga tahun 2017, ekspor produk pertanian bertambah lagi jumlahnya yakni 41,3 juta ton. Di tahun 2018, ekspor produk pertanian mampu mengukuhkan jumlah sebesar 42,5 juta ton.

Selama peridoe 2014-2018, jumlah seluruh nilai ekspor produk pertanian Indonesia berhasil mencapai Rp1.957,5 tirliun dengan akumulasi tambahan Rp352,58 triliun.[dod]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN