Pendamping Anies Masih Nunggu Pembentukan Pansus Baru

Politik  SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 21:47:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Pendamping Anies Masih Nunggu Pembentukan Pansus Baru

Abdurrahman Suhaimi/RMOL

Lebih dari satu tahun kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta 'berdebu' sejak ditinggalkan Sandiaga Uno yang mengikuti Pilpres 2019.

Bola panas Cawagub DKI Jakarta kini berada di tangan DPRD Jakarta. Namun hingga anggota DPRD DKI periode 2014-2019 berakhir, Anies Baswedan masih harus bersabar untuk menanti pendampingnya yang baru.

Salah satu kendala pemilihan Cawagub belum juga terlaksana adalah belum ada kesepakatan soal jumlah kuorum dalam rapat paripurna.

Menyikapi masalah ini, Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi mengatakan, pemilihan Wagub DKI masih menunggu pembentukan panitia khusus (Pansus) yang baru.

Sebab Anggota Pansus Wagub DKI periode sebelumnya banyak yang tidak terpilih lagi menjadi anggota DPRD DKI.

"Pansus yang baru itu nanti harus bekerja secara efektif memanfaatkan hasil (tata tertib) yang kemarin dikerjakan oleh pansus lama, meskipun belum disahkan," kata Suhaimi saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Senin, (2/9).

Pansus bisa berjalan ketika semua fraksi dan alat kelengkapan dewan di DPRD DKI terbentuk.

"Setelah pimpinan dewan definitif terbentuk, mereka akan mengirimkan surat kepada setiap fraksi untuk mengutus perwakilan terkait pembentukan pansus," ujar Suhaimi.

emudian barulah ada rapat pimpinan gabungan (Rapimgab). Setelah itu proses paripurna pengesahan tatib.

"Setelah disahkan tatib, pansus itu bubar," ungkap Suhaimi.

Setelah pansus dibubarkan, maka akan dibentuk panitia pemilihan (Panlih). "Panlih menjalankan proses pemilihan Wagub, dari Cawagub berdasarkan tatib," terangnya.

Suhaimi menuturkan, sebenarnya Anies Baswedan sudah sangat kewalahan bekerja sendirian.

"Pokoknya Pak Gubernur maunya cepat, kita sedang usahakan," pungkasnya.

Diketahui, PKS dan Gerindra sepakat mengusung dua kader PKS sebagai cawagub, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.[dod]

Komentar Pembaca