Ganjil Genap Resmi Diberlakukan, Awas Kena Tilang Elektronik

Jakarta  SABTU, 07 SEPTEMBER 2019 , 07:29:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Ganjil Genap Resmi Diberlakukan, Awas Kena Tilang Elektronik

Syafrin Liputo/RMOL

Hasil evaluasi perluasan kebijakan ganjil genap menunjukan keberhasilan. Hal itu ditunjukan dengan adanya peningkatan kinerja lalu lintas dan penurunan polusi udara.

Atas dasar pertimbangan tersebut, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan dan Direktorat Lalu lintas Polda Metro Jaya resmi menetapkan peraturan perluasan ganjil genap berlaku pada Senin (9/9) lusa.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, keberhasilan itu ditunjukan dari meningkatnya indikator-indikator yang menjadi fokus perhatian.

"Ada peningkatan kecepatan perjalanan, waktu tempuh rata-rata perjalanan dan volume lalu lintas mengalami perbaikan," kata Syafrin di Taman Budaya Dukuh Atas 2, Jakarta Selatan, Jumat sore (6/9).

Kebijakan perluasan ganjil genap meliputi 25 ruas yang ada di Jakarta.

"Penerapan kebijakan ini juga didukung penegakan hukum oleh Polda Metro Jaya dengan menggunakan penindakan tilang elektronik atau E-TLE (electronic-traffic law enforcement) yang sudah ada maupun secara manual oleh petugas," ujar Syafrin.

Penerapan kebijakan ini telah disosialisasikan sejak diumumkan pada 7 Agustus dan masa uji coba sendiri sudah dimulai pada 9 Agustus lalu.

"Tepat hari ini masa uji coba itu berakhir dan masa sosialisasi berakhir pada Minggu 8 September besok," jelas Syafrin.

"Pergub sendiri sudah ditandatangani dan sedang proses perundangan. Dengan ganjil genap ini target penurunan polusi kita bisa 40 persen. Sehingga kualitas udara kita juga membaik," pungkas Syafrin.[dod]

Komentar Pembaca