Samsudin Siregar Gantikan Haji Lulung Komandani PPM

Ragam  SABTU, 07 SEPTEMBER 2019 , 07:50:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Samsudin Siregar Gantikan Haji Lulung Komandani PPM

Samsudin Siregar/Ist

Samsudin Siregar secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Umum Pemuda Panca Marga dalam Munas Pemuda Panca Marga X di Hotel Best Western Plus, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (6/9) malam.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Hanura tersebut menggantikan posisi Abraham Lunggana alias Haji Lulung yang mendadak mengundurkan diri pada Kamis (5/9) malam.

Humas Munas PPM X Dony Kusuma mengatakan, tercatat ada tiga anggota PPM yang mengambil formulir pendaftaran bakal calon ketua umum PPM. Namun hanya satu calon yang mengembalikan formulir.

"Keputusan Munas PPM X, terpilih Ketua Umum PP PPM Samsudin Siregar masa bakti 2019-2024," kata Dony melalui keterangan tertulisnya kepada Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Sabtu (7/9).

Dony mengharapkan ketua umum PPM yang baru mampu memajukan serta menjaga marwah PPM lima tahun mendatang.

Sebelumnya, dengan penuh jiwa besar, Haji Lulung mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum PPM yang sudah dipegangnya selama delapan tahun.

Haji Lulung menjabat sebagai Ketua Umum PPM melalui Munas VIII untuk masa bakti 2011-2015. Kemudian, Lulung kembali terpilih menjadi Ketua Umum untuk periode kedua melalui Munas IX dengan masa bakti 2016-2020.

Haji Lulung mengatakan, pengunduran diri ini dilakukannya untuk meminimalisir terjadinya friksi-friksi yang terjadi antara PPM dan Legiun Veteran Indonesia (LVRI). Ia menduga memang ada oknum di LVRI yang memang tidak mengharapkannya menjabat Ketua Umum PPM.

"Meski dengan rasa berat hati meninggalkan kawan-kawan di PPM, termasuk pengurus Markas Daerah di 34 provinsi yang hingga saat ini masih solid mendukung, saya menyatakan mundur. Terima kasih kepada seluruh jajaran PPM di Indonesia," kata Haji Lulung, penuh keharuan.

Haji Lulung menegaskan, AD/ART antara PPM dan LVRI adalah berbeda. Sehingga, sejatinya LVRI tidak bisa melakukan intervensi organisatoris.

"Kami menduga kuat pengurus Mada PPM juga diintimidasi untuk tidak mengakui saya sebagai Ketua Umum melalui surat resmi. Bahkan, LVRI berencana menggelar Munaslub PPM. Sangat tidak bisa dipahami. Munaslub itu sepertinya untuk lucu-lucuan saja karena legalitasnya patut dipertanyakan," ujar Haji Lulung.

Haji Lulung berharap, kepemimpinan PPM ke depan mampu melakukan rekonsiliasi atau pendekatan dengan baik dengan LVRI yang juga menjadi pembina PPM. Namun, jika hal itu tidak bisa dicapai dengan jalan musyawarah, tentu akan memungkinkan adanya langkah-langkah lanjutan.

"Saya ini jelas sudah dizalimi, dipresekusi, dan ada character assasination. Tapi, saya ingin PPM dan LVRI tetap rukun dan guyub," ungkap Haji Lulung.[dod]

Komentar Pembaca
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11