DPRD Harus Segera Bentuk Pansus Pemilihan Wagub DKI

Politik  SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 14:02:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

DPRD Harus Segera Bentuk Pansus Pemilihan Wagub DKI

Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta/Ist

Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita) mendorong DPRD DKI Jakarta memprioritaskan pembentukan Pansus Pemilihan Wagub DKI Jakarta. Pasalnya sudah hampir 13 bulan kursi DKI 2 kosong setelah ditinggalkan Sandiaga Uno.

Demikian disampaikan Sekjen Gema Cita Hilman Firmansyah melalui keterangan tertulisnya kepada Kantor Berita RMOLJakarta, Senin (9/9).

"Pansus yang baru nanti harus bekerja secara efektif memanfaatkan hasil tata tertib yang kemarin dikerjakan oleh pansus lama, meskipun belum disahkan," kata Hilman.

Hilman mengatakan, pansus baru tersebut, bisa terbentuk ketika semua fraksi dan alat kelengkapan DPRD DKI Jakarta, termasuk pimpinan definitif terbentuk yang kemudian bertugas mengirimkan surat kepada setiap fraksi untuk mengutus perwakilan terkait pembentukan pansus.

Setelah itu barulah digelar rapat pimpinan gabungan (Rapimgab). Proses berikutnya adalah rapat paripurna untuk mengesahkan tatib.

"Setelah disahkan tatib, pansus otomatis bubar," ujar Hilman.

Setelah pansus dibubarkan, maka akan dibentuk panitia pemilih (panlih). Panlih inilah yang nantinya menjalankan proses pemilihan wagub dari cawagub berdasarkan tata tertib.

Diketahui, pemilihan wagub DKI pada periode sebelumnya tidak berjalan mulus, karena pemilihan terkendala masalah rampimgab.

Kelanjutan pemilihan wagub DKI kini ada di tangan DPRD DKI Jakarta. Tercatat ada dua cawagub yang dimunculkan parpol pengusung, yakni Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta Agung Yulianto dan mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu.

"Tugas DPRD adalah membentuk dua kepanitiaan, yakni pansus dan panlih. Pansus merumuskan dan mengesahkan tata tertib pemilihan, sementara panlih yang mengeksekusinya," terang Hilman.

Pansus DPRD periode 2014-2019 sudah sempat merampungkan draf tatib. Namun, hingga masa kerja mereka berakhir, anggota dewan belum menggelar rapimgab untuk menyetujui tatib yang selanjutnya bisa disahkan dalam rapat paripurna.[dod]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN