Penghargaan BEST CFO 2019 Bidang Finance Untuk Tingkatkan Layanan Nasabah

Ragam  SENIN, 09 SEPTEMBER 2019 , 21:09:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Penghargaan BEST CFO 2019 Bidang Finance Untuk Tingkatkan Layanan Nasabah

Foto/Ist

Direktur Allianz Life Indonesia, Meylindawati, menerima penghargaan sebagai salah satu CFO Terbaik di ajang pemilihan Indonesia Best CFO 2019 yang diselenggarakan sebuah media beberapa waktu lalu.

Penghargaan ini diperoleh Meylindawati atas pencapaian dan strategi yang diterapkannya selama tujuh tahun menjabat sebagai Direktur Keuangan (Chief Financial Officer) Allianz Life Indonesia.

Tantangan yang dihadapi Meylindawati selaku Direktur Keuangan saat ini tentunya terkait era disrupsi digital yang menuntut segala sesuatu menjadi serba cepat, dengan tidak mengesampingkan akurasi dan keamanan. Allianz Life saat ini fokus dengan digitalisasi di semua lini bisnis untuk meningkatkan pelayanan ke nasabah, termasuk di dalamnya akses yang mudah, produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, serta layanan yang dapat memberikan pengalaman berasuransi mengesankan bagi nasabah.

Dari sisi divisi Finance & Accounting, Meylindawati memimpin timnya dalam melakukan Finance Transformation untuk mengoptimalisasi semua proses, bahkan menerapkan beberapa sistem baru yang terintegrasi dengan sistem core/inti perusahaan.

"Salah satu pelajaran yang paling penting adalah mengelola tim dan mempersiapkan mereka untuk semua tantangan. Saya percaya apabila kita memiliki tim yang kuat dan saling mendukung, maka apapun tantangan yang akan datang dapat dihadapi bersama. Kemampuan untuk selalu bisa beradaptasi dengan perubahan juga sangat penting karena saat ini perubahan datang sangat cepat dan tidak terkira. Kita harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi. Sekali lagi kuncinya adalah memiliki tim yang tangguh dan siap menghadapi tantangan apapun bersama-sama," kata Meylindawati, melalui keterangan tertulis, Senin (9/9).

Dengan transformasi yang dilakukan di departement Finance & Accounting, Meylindawati dan tim dapat melakukan efisiensi dan menambah efektivitas dari sisi sistem akunting yang berdampak pada kenaikan produktivitas dan yang terpenting adalah peningkatan pelayanan kepada nasabah, seperti kemudahan bagi nasabah untuk membayar premi dan mempercepat proses pembayaran klaim dan benefit.

Dalam proses transformasi ini, salah satu yang diupayakan sesuai dengan strategi perusahaan yang menjadikan kebutuhan nasabah sebagai prioritas adalah kemudahan dalam hal otomatisasi pembayaran premi. Tim Finance & Accounting Allianz Life bekerja sama dengan banyak mitra bisnis, seperti perbankan untuk Host-to-Host (H2H) yang memungkinkan terintegrasinya data polis dan proses pembayaran premi melalui sistem baik melalui ATM, over the counter, mobile banking, dan internet banking. Ada juga kerja sama dengan kantor layanan pengiriman dan jasa gadai milik BUMN, serta jaringan waralaba yang outletnya tersebar di seluruh wilayah Indonesia sehingga nasabah dapat mudah melakukan pembayaran premi.

Dengan berbagai inisiatif yang dilakukan dari rangkaian Finance Transformation ini, Meylindawati dan Tim dapat mencapai peningkatan produktivitas sampai 25 persen dalam dua tahun terakhir.

"Bagi saya, keberhasilan sebagai seorang pemimpin tidak lepas dari peran serta seluruh tim yang ada di departemen Finance & Accounting Allianz Life dan rekan kerja sejawat. Team work sangat penting untuk perkembangan dan keberhasilan kinerja perusahaan," kata Meylindawati.

Menurut Laporan Kuartal IV tahun 2018 dari AAJI, Allianz Life Indonesia termasuk salah satu dari Top 5 perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan dari sisi market share, total market, lini bisnis keagenan dan bancassurance berdasarkan Total Weighted Premium, serta lini bisnis employee benefit dan asuransi kesehatan berdasarkan GWP.

Allianz Life Indonesia juga secara teratur melakukan survei pengukuran kepuasan nasabah melalui Net Promotor Score dengan membandingkan nilai NPS di industri dan berhasil mencapai nilai tertinggi dibandingkan dengan pemain asuransi jiwa dan asuransi kesehatan lainnya selama tiga tahun berturut-turut sejak 2016 sampai 2018.

"Saya sendiri telah bergabung bersama Allianz Life Indonesia selama 20 tahun dan telah meniti karir hingga saat ini menjadi Direktur yang bertanggung jawab untuk bagian Finance & Accounting. Perjalanan karir saya bersama Allianz menunjukkan bahwa perusahaan ini sangat menghargai dedikasi dan semangat yang dimiliki oleh setiap karyawannya untuk maju dan mengembangkan potensi diri," tutup Meylindawati. [rah]

Komentar Pembaca
Bunga untuk Veronica Tan

Bunga untuk Veronica Tan

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 17:00:04

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang
Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

JUM'AT, 15 NOVEMBER 2019 , 21:58:09