SBY Masih Rahasiakan Pimpinan DPRD DKI Dari Demokrat

Politik  SELASA, 10 SEPTEMBER 2019 , 16:09:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

SBY Masih Rahasiakan  Pimpinan DPRD DKI Dari Demokrat

Achmad Nawawi/Net

Memasuki pekan ketiga pasca pelantikan, Partai Demokrat tak kunjung menyetorkan nama kadernya yang akan menempati posisi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Anggota Fraksi Demokrat DPRD DKI Jakarta Achmad Nawawi mengatakan, sampai saat ini nama calon Wakil Ketua DPRD masih dalam genggaman DPP Partai Demokrat yang dikomandani Susilo Bambang Yudhoyono.

"Penunjukan pimpinan dewan dan fraksi merupakan kewenangan mutlak DPP," kata Nawawi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (10/9).

Nawawi menjelaskan, Demokrat memiliki panduan untuk penunjukan calon pimpinan DPRD.

"Jadi Ketua DPD mengusulkan nama ke DPP. Selanjutnya DPP yang merekomendasikan," ujar Nawawi.

"Dari nama yang diusulkan bisa saja dianulir dan DPP menentukan nama lain," sambungnya.

Saat disinggung soal siapa saja nama-nama yang diusulkan, Nawawi mengaku tidak tahu sama sekali. "Itu urusan Ketua DPD," ucapnya.

Sejumlah syarat yang tertuang dalam petunjuk Partai Demokrat diantaranya adalah minimal berijazah S1 dan suara terbanyak dalam Pemilu.

"Sekurang-kurangnya S1. Jadi yang punya ijazah S1, S2, S3, semua ijazahnya dilampirkan semua. CV-nya dilengkapi semua itu. Persyaratannya dilengkapi seluruhnya, loyalitas kader dan sebagainya ada," jelas Nawawi.

"Termasuk yang memperoleh suara berapa itu dilampirkan, hasil KPU itu dilampirkan untuk pertimbangan," tambah Nawawi.

Nawawi optimistis rekomendasi turun sebelum tanggal 16 September. "Insya Allah tanggal 17 sudah turun rekomendasi DPP," tutup Nawawi.

Selain Demokrat, PDIP juga belum mengusulkan nama calon pimpinan DPRD. Sedangkan tiga parpol lainnya sudah menunjuk nama, yakni Zita Anjani dari PAN, Abdurrahman Suhaimi dari PKS dan Gerindra menunjuk Mohamad Taufik.[dod]

Komentar Pembaca