Transformasikan BSD City Jadi Integrated Smart City, Sinar Mas Land Gandeng Microsoft

Nasional  KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 21:36:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Transformasikan BSD City Jadi Integrated Smart City, Sinar Mas Land Gandeng Microsoft

Foto/Sinar Mas

Untuk mentransformasikan BSD City menjadi integrated smart city berskala besar dan inovatif pertama serta inklusif dan dapat diakses oleh semua masyarakat, Sinar Mas Land dan Microsoft menandatangani Nota Kesepahaman (MoU), Kamis (12/9).

Berlatar belakang teknologi digital seperti cloud, artificial intelligence, internet of things (IoT) dan pengambilan keputusan berbasis data, Sinar Mas Land memiliki visi untuk menciptakan kota masa depan dengan tempat tinggal yang cerdas, tempat kerja yang terhubung dan kawasan usaha Digital Hub dalam melengkapi layanan masyarakat dan infrastruktur publik. Untuk itu, Sinar Mas Land mengundang Microsoft bekerja sama sebagai mitra.

Sebagai bagian dari perjanjian kerja sama ini, Microsoft juga akan membuka kesempatan bagi para mitra untuk bekerja sama dengan Sinar Mas Land dalam mengembangkan solusi berdasarkan bidang keahlian mereka. Sinar Mas Land menyambut peluang dari Microsoft sehingga kedua perusahaan dapat membuat kota BSD mudah diakses dan menarik bagi penduduk setempat maupun pengunjung.

Group CEO Sinar Mas Land, Michael Widjaja mengatakan, BSD City merupakan adalah proyek ambisius pihaknya dengan peluang pertumbuhan yang besar, terutama eksplorasi pengembangan masyarakat digital yang sedang menjadi salah satu perhatian Sinar Mas Land saat ini.

"Terinspirasi untuk menjadi pelopor dalam properti dan pengembangan, Sinar Mas Land sangat antusias untuk melakukan transformasi digital di BSD City yang merupakan proyek township terbesar kami. Oleh karena itu, kami senang dengan dilakukannya kerja sama ini mengingat canggihnya teknologi digital dari Microsoft. Kerja sama ini akan memperkuat posisi Sinar Mas Land maupun Microsoft pada skala yang lebih besar dan membuat Indonesia menjadi negara percontohan dalam hal smart city,'' ujarnya dalam keterangan tertulis.

Sementara, Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Haris Izmee mengatakan pihaknya sangat menyadari pentingnya ekonomi digital dan kerangka kerja digitalisasi di Indonesia agar dapat bersaing secara internasional. Pihaknya pun mengaku senang membantu Sinar Mas Land menciptakan proyek smart city terbesar di Indonesia.

"Komitmen kami terhadap transformasi digital Indonesia lebih dari sekedar teknologi. Seperti Sinar Mas Group, kami telah bersama masyarakat Indonesia selama 25 tahun dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk pengembangan artificial intelligence, cloud, dan masa depan inovasi industri yang disruptif dengan para mitra, pengembang, dan perusahaan rintisan. Kami sangat senang dapat membantu Sinar Mas Land dalam perjalanan digital mereka di BSD City," kata Haris.

Microsoft dan Sinar Mas Group memiliki kemitraan yang mapan, setelah sebelumnya bermitra dalam transformasi digital perusahaan dan lini perusahaan Sinar Mas Group. Dengan MoU ini, Microsoft menghadirkan keahlian global yang menciptakan smart dan sustainable city di seluruh dunia termasuk Kiruna, Denver, Taipei dan Cascais hingga Indonesia. Selain smart city, pengalaman Microsoft dalam pekerjaan dan keselamatan publik meliputi New Zealand, Netherlands, United Arab Emirates dan Afrika Selatan.

Sebelumnya, Sinar Mas Land juga telah memulai transformasi kota mandiri terbesarnya, BSD City menjadi smart city pertama yang terintegrasi. Sinar Mas Land juga mengembangkan Digital Hub di area BSD City. Digital Hub merupakan area seluas 26 hektare yang didedikasikan untuk perusahaan rintisan, komunitas, lembaga pendidikan dan juga perusahaan multinasional yang berfokus pada industri digital dan teknologi. Seiring dengan perkembangannya, Digital Hub telah menjadi rumah bagi pusat pengembangan inovasi bagi beberapa perusahan global.

Memasuki era digital, Indonesia telah menyadari pentingnya kerangka ekonomi digital untuk bersaing secara global. Merancang peta jalan Revolusi Industri 4.0, pemerintahan Presiden Joko Widodo telah lama menyoroti pentingnya kemajuan teknologi yang dimplementasikan pada industri untuk sepenuhnya melayani masyarakat. Perihal konsep smart city, Presiden Joko Widodo telah mendorong penggunaan teknologi untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih efektif, transparan, dan andal.

Menyadari potensi pertumbuhan Indonesia di tingkat global, pembicaraan tentang smart city juga menjadi pokok pembahasan selama KTT ASEAN 32 melihat negara-negara ASEAN adalah negara yang dinamis dan kompetitif dalam hal inovasi teknologi baru. [rah]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN