Sepekan Diterapkan, Dishub Klaim Ganjil Genap Berhasil Tekan Macet

Jakarta  SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 14:28:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Sepekan Diterapkan, Dishub Klaim Ganjil Genap Berhasil Tekan Macet

Syafrin Liputo/

Kebijakan perluasan ganjil genap yang telah berjalan satu minggu diklaim menuai hasil positif.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi pihaknya telah terjadi peningkatan kecepatan berkendara, waktu tempuh semakin singkat, menurunnya volume kendaraan dan kualitas udara yang menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik.

"Saya berharap tren positif yang dicapai dari kebijakan ini tentu tidak lepas dari partisipasi peran serta masyarakat dalam meningkatkan capaian program kerja pemerintah," kata Syafrin, Senin (16/9).

"Dan saya berharap bahwa upaya ini semakin banyak lagi yang sadar dapat dilihat sebagai kebijakan kolektif," tambahnya.

Kata Syafrin, masyarakat yang beraktivitas di Jakarta bukan hanya warga lokal melainkan warga Bodetabek. Dengan kualitas udara yang rendah jika terpapar terlalu lama maka akan mengancam kesehatan seperti kanker dan paru-paru.

Oleh sebab itu ada dua hal yang dilakukan Pemprov DKI untuk mencegah hal tersebut.

"Pertama, kita melakukan manajemen terhadap sumber pencemaran dalam hal ini kendaraan bermotor dan kedua kita meningkatkan kapasitas angkutan umum," jelas Syafrin.

Jadi kapasitas angkutan umum akan terus ditekan untuk terintegrasi dengan seluruh angkutan umum yang ada.

"Kemudian kita tingkatkan kualitas sesuai layanan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ada," pungkas Syafrin.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerapkan kebijakan perluasan ganjil genap sebagai usaha untuk memperbaiki kualitas udara dan menurunkan tingkat kemacetan.

Selain itu, sebagai kebijakan antara, Anies berharap masyarakat bisa kembali membudayakan naik transportasi publik yang telah disipakan pemerintah.[dod]

Komentar Pembaca