Proyek Waduk Cimanggis Ditargetkan Rampung Desember

Jakarta  SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 10:32:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Proyek Waduk Cimanggis Ditargetkan Rampung Desember

Juaini Yusuf/Net

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mempercepat proses pembangunan Waduk Cimanggis di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Tahapan pembangunan yang dilakukan adalah pembebasan lahan, hingga pengerukan waduk untuk menambah daya tampung air terus digenjot agar tahun ini rampung dikerjakan.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juani Yusuf mengatakan, pengerjaan pembangunan waduk masih berjalan sesuai program. Meski sebelumnya ada kendala, namun pengerjaan saat ini sudah bisa ditangani.

Sampai saat ini masih berjalan. Memang sebelumnya ada kendala, karena masih ada beberapa rumah warga jadi perlu ekstra hati-hati,” kata Juaini, Selasa (17/9).

Pembangunan yang dilakukan itu, kata Juani, salah satunya adalah proses pengerukan waduk. Hal itu dilakukan agar kedalamanya cukup untuk menampung air dari aliran kali Cipinang.

Karena waduk Cimanggis ini kan memang disiapkan untuk menahan debit air Kali Cipinang. Sehingga bila hujan turun, tak akan lagi tumpah ke rumah warga karena kita tahan disini,” ujar Juaini.

Juani menjelaskan, proyek pembangunan dengan membentuk waduk, akan rampung di akhir Desember tahun ini. Sehingga, bila di tahun depan hujan turun, waduk bisa digunakan untuk menahan air yang tumpah hulu di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya, proyek pembangunan Waduk Cimanggis terkendala lahan yang ada di sekitarnya. Pasalnya, masih ada 12 bidang lahan di sekitar waduk yang belum dibebaskan Dinas SDA karena tanah yang masih bermasalah.[dod]

Komentar Pembaca