Padamkan Karhutla Riau, Anies Akan Tambah Relawan Yang Dikirim

Jakarta  SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 13:26:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Padamkan Karhutla Riau, Anies Akan Tambah Relawan Yang Dikirim

Tim relawan Karhutla Riau/RMOL

Sebanyak 65 relawan gabungan Satgas Penanggulangan Bencana DKI Jakarta komitme membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, selama di Riau, para relawan akan berada di bawah kendali Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Penugasan mereka ini gelombang pertama selama 10 hari. Tidak menutup kemungkinan kita akan mengirimkan gelombang-gelombang berikutnya," kata Anies di Lapangan Monas, Selasa (17/9).

Anies mengharapkan para relawan mampu menjaga kesehatannya dengan baik.

"Tadi saya ngobrol dengan petugas Damkar, katanya mereka sudah pengalaman menghirup asap. Tapi saya bilang, disini asapnya paling dua jam selesai, kalau di sana 24 jam," ujar Anies.

Kata Anies, pengiriman relawan ini merupakan wujud dari kepedulian masyarakat Jakarta atas musibah kebakaran yang dialami warga di Sumatera dan Kalimantan.

Anies menambahkan tim relawan yang diberangkatkan pada gelombang pertama ini akan dikirim ke Riau.

Namun karena tim relawan berada dibawah wewenang BNPB, tidak menutup kemungkinan tim akan dibagi sebagian ke Kalimantan Tengah.

"Kita lihat nanti perkembangannya kedepan seperti apa," imbuh Anies.

"Mudah mudahan asap bisa segera hilang. Api bisa segera padam dan saudara-saudara kita di Sumatera dan Kalimantan bisa kembali menghirup udara segar seperti semula," tutup Anies.[dod]

Komentar Pembaca