Anies: Program KB Harus Didukung

Ragam  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:04:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Anies: Program KB Harus Didukung

Anies Baswedan/RMOL

Program Keluarga Berencana (KB) telah mengalami perjalanan yang cukup panjang di Indonesia. Pada tahun 1950 an program ini banyak ditentang oleh masyarakat karena masih dianggap asing.

Namun setelah memasuki tahun 1970 an program KB mulai dilirik dan menunjukan kearah perubahan. Program KB pun saat ini sudah menjadi sesuatu yang normal di masyarakat.

Demikian yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menutup Kegiatan Penggalangan TNI Manunggal Keluarga Berencana (KB) Kesehatan Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019.

Anies menyampaikan, adalah kebahagiaan bila suatu kewajiban telah ditunaikan. Hal tersebut bisa dikatakan berhasil, jika sesuai dengan apa yang direncanakan.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kodam Jaya yang sudah terlibat langsung dalam kegiatan penggalakkan KB," kata Anies di halaman Kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Rabu (18/9).

"Kita menyadari pentingnya program KB untuk bisa membangun keluarga yang berketahanan, anaknya tumbuh berkembang, dan nantinya bisa menjadi pribadi-pribadi mandiri yang memberikan manfaat bagi masyarakat," sambung Anies.

Tentunya semua itu, lanjut Anies, tidak terjadi secara otomatis. Maka harus dengan perencanaan yang baik dan KB adalah salah satu langkah awal untuk bisa menuju ke sana.

Anies menambahkan, tantangan hari ini telah bergeser dan lebih rumit. Katanya, Bila dulu hanya bicara soal pengendalian penduduk maka saat ini kita menemukan kompleksitas masalah kesehatan .

"Dengan perkembangan medis dan sains, akan terlihat konsekuensi dari perencanaan yang tidak matang. Maka Jakarta siap kerja bersama untuk program KB ini, " jelas Anies.

"Bahkan bila ada inovasi terbaru, Jakarta siap untuk menjadi yang pertama, " pungkas Anies.[dod]

Komentar Pembaca