Soal Penolakan Relawan, Anies: Alhamdulillah Riau Bebas Asap

Nasional  RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 14:21:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Soal Penolakan Relawan, Anies: Alhamdulillah Riau Bebas Asap

Anies Baswedan/Ist

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespon kabar Pemprov Riau yang menolak bantuan relawan dari Pemprov DKI untuk ikut membantu memadamkan asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Anies mengatakan, satgas penanggulangan bencana DKI Jakarta yang diberangkatkan langsung diserahkan Pemprov DKI kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bukan ke Pemprov Riau.

"Jadi yang nanti mengarahkan dan menentukan itu langsung dari BNPB," kata Anies di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (18/9).

Meski demikian, kata Anies, bila permasalahan Karhutla yang terjadi di Riau sudah padam dan tidak perlu lagi memerlukan bantuan, maka ia mengucapkan syukur.

"Karena memang tujuan kita adalah membantu memadamkan api dan mengendalikan dampak-dampak dari asap," ujar Anies.

Anies melanjutkan, berdasarkan informasi yang diterimanya, justru para relawan yang dikirim oleh Pemprov DKI diperbantukan ke Kalimantan Tengah.

"Karena disana kondisinya sedang berat," ucap Anies.

Sejauh ini Anies menegaskan, Pemprov DKI akan selalu siap membantu bila memang dibutuhkan dan akan mengikuti arahan dari Kemendagri dan BNPB.

"Jadi memang koordinasinya dengan Kemendagri, nanti diarahkan oleh mereka. Jadi, kami senang sekali kalau ternyata Riau sudah bebas asap, alhamdulillah kalau sudah bebas asap, kita bersyukur," tutup Anies.

Sebelumnya sebanyak 65 personel dari tim relawan gabungan satgas penanggulangan bencana DKI Jakarta telah dilepas dan dikirim oleh Anies Baswedan ke lokasi terdampak bencana kabut asap untuk ikut membantu memadamkan Karhutla selama 10 hari kedepan.[dod]

Komentar Pembaca