Bareng Puluhan Wartawan, Anies Ngegowes Dari Velodrome Ke Balai Kota

Jakarta  JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 13:58:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Bareng Puluhan Wartawan, Anies Ngegowes Dari Velodrome Ke Balai Kota

Anies Baswedan bareng puluhan wartawan di Balai Kota DKI Jakarta/RMOL

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali bersepeda menyusuri jalanan ibukota. Kali ini Anies mengambil rute Velodrome Rawamangun menuju Balai Kota DKI Jakarta.

Hari ini Anies mengayuh sepeda tidak sendirian. Ia ditemani Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo dan puluhan wartawan yang biasa meliput di Balai Kota dan DPRD DKI Jakarta.

Usai bersepeda, Anies menyebut aksinya hari ini sebagai Friday For the Future.

Acara pagi ini sekaligus peresmian jalur sepeda fase pertama sepanjang 25 kilometer dari tiga fase dengan total jalur sepeda sepanjang 63 kilometer.

"Ada beberapa ruas dari Rawamangun ke Balai Kota yang belum diberi marka karena aspalnya akan diganti," kata Anies ketika tiba di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/9).

"Kita tunggu dulu minggu-minggu ini, aspalnya akan diganti dulu nanti baru kita beri penanda marka. Supaya nggak kerja dua kali," sambung Anies.

Anies berharap nantinya jalur sepeda bukan hanya sejauh 63 kilometer, namun mayoritas jalan di Jakarta akan ada jalur sepedanya.

Mantan Menteri Pendidikan ini mengaku senang sekali bersepeda. Bahkan sepeda yang ia gunakan adalah sepedanya sejak zaman kuliah.

Anies mendorong masyarakat lebih memilih menggunakan sepeda yang cocok untuk perkotaan dibandingkan dengan sepeda sport.

Karena menurutnya itu akan lebih memudahkan bila membawa barang seperti belanjaan. "Itu artinya semoga industri dapat merespon dan dimanfaatkan," imbuhnya.

Selain itu, Anies juga bercerita kalau masyarakat Jakarta dari dulu sudah akrab dengan sepeda. Namun perlahan mulai menggunakan kendaraan bermotor yang kemudian menimbulkan persoalan polusi.

"Nah sekarang kita kembali lagi bersepeda. Jakarta akan jadi pelopor kendaraan ramah lingkungan. Sepeda bukan hanya alat olahraga tapi juga transportasi," tandas Anies.[dod]

Komentar Pembaca