Terkait Seleksi Calon Anggota BPK, DPR Tindaklanjuti Rekomendasi DPD

Nasional  JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:00:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Terkait Seleksi Calon Anggota BPK, DPR Tindaklanjuti Rekomendasi DPD

Gedung BPK/net

Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat bakal mengundang kembali puluhan nama calon anggota BPK yang belum sempat diuji. Hal itu dilakukan guna mengikuti rekomendasi yang disampaikan oleh Dewan Pertimbangan Daerah (DPD) RI.

Keputusan ini diambil dalam pleno Komisi XI DPR yang membahas pemilihan calon anggora Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) semalam.   

Menurut Anggota Komisi XI DPR dari F-PAN, Muhammad Najib Qodratullah, alasan Komisi XI DPR melakukan hal tersebut karena tak mau melanggar Undang-Undang. Artinya 62 calon anggota BPK yang mendaftar diundang semua.

"Memang dalam UU BPK menyatakan DPD RI memberikan pertimbangan. Karena itulah kita sepakat menindaklanjuti 30 nama calon dari 62 orang yang belum difit and proper test Komisi XI DPR," kata anggota Komisi XI DPR dari F-PAN Muhammad Najib Qodratullah kepada wartawan di Jakarta, Jumat (20/9).

Kabarnya pelaksanaan fit and proper test 30 nama itu, Najib menjelaskan berdasarkan putusan rapat dilaksanakan 23-25 September 2019.

Selesai itu, kemungkinan Rabu malam (25 September 2019) akan dilangsungkan acara pemilihan calon anggota BPK sebanyak 5 orang. [rah]



Komentar Pembaca