Bahayakan Pengendara, Trotoar Kalimalang Akan Dibongkar

Jakarta  JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:46:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Bahayakan Pengendara, Trotoar Kalimalang Akan Dibongkar

Hari Nugroho/RMOL

Trotoar di Jalan Raya Kalimalang, Jakarta Timur terlihat aneh. Pasalnya trotoar itu dibangun persis ditengah-tengah jalan raya.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, pihaknya akan segera membongkar trotoar Kalimalang yang telah menggangu lalu lintas.

Pembongkaran trotoar tersebut sempat terkendala karena trotoar yang berada di tengah Jalan Kalimalang itu berada di proyek pembangunan Tol Becakayu.

Sehingga keberadaan trotoar itu bukan kewenangan Pemprov DKI, tetapi ranah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Saya sudah rapatkan dengan pengelola jalan Tol Becakayu, intinya mereka setuju membongkar," kata Hari di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/9).

"Jadi saya perintahkan, pokoknya harus dibongkar sesuai dengan kaidah-kaidah. trotoar (harus) berada disebelah kiri jalan," sambungnya.

Hari juga menanggapi pernyataan dari PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku kontraktor Tol Becakayu yang menyebut trotoar yang berada ditengah jalan itu akan dimodifikasi menjadi taman.

"Mereka sih bilang mau dibikin taman, tapi saya yakin kalau taman di separuh jalan itu enggak mungkin. Kalau mau dibuat taman, ya jelas itu secara konsesi lajur itu menyalahi," ujar Hari

"Kita buat trase jalannya, prosesi lajur, kemudian baru kita bongkar. Jadi, mereka (pengelola Tol Becakayu) meminta ke kami (desain barunya)," sambungnya.

Kata Hari, keberadaan trotoar yang berada di tengah jalan itu justru membahayakan pengemudi kendaraan yang lalu lalang di jalan tersebut.

"Saya minta secepatnya dibongkar karena itu memang sudah mengganggu. Istilahnya pengguna jalan maupun keamanan yang memakai jalur itu (merasa terganggu)," tandas Hari.[dod]

Komentar Pembaca