Anies Buka Jak Grosir, Harga Sembako Di Kepulauan Seribu Tak Lagi Lebih Mahal

Kepulauan Seribu  MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:54:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Anies Buka Jak Grosir, Harga Sembako Di Kepulauan Seribu Tak Lagi Lebih Mahal

Anies Baswedan/Ist

Demi kesetaraan ekonomi di ibukota, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat terobosan dengan menghadirkan Jak Grosir di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu.

Jak Grosir disiapkan Anies agar warga di Kepulauan Seribu bisa mendapatkan harga bahan pokok dengan harga standar seperti di Jakarta.

Selama ini harga bahan pokok di Kepulauan Seribu relatif lebih mahal. Hal ini lantaran tidak ada pemasok barang yang mengakibatkan warga Kepulauan Seribu harus mendatangi daratan Jakarta atau sekitar Tangerang untuk mendapat barang yang diinginkan.

Mereka harus berlayar ke daratan yang secara otomatis, kata Anies, berpengaruh kepada harga barang.

"Dulunya mereka harus mengambil (barang) ke daratan. Biaya transportnya mereka yang menanggung. Sekarang biaya transportnya ditanggung oleh Pasar Jaya, sehingga mereka mendapatkan komoditas dengan harga yang sama seperti di daratan," kata Anies saat meresmikan Jak Grosir di Pulau Tidung Kecil, Minggu (22/9).

Anies berharap, kegiatan usaha mikro di Kepulauan Seribu tetap tumbuh dan berkembang. Sambil berjalan, Anies mengatakan akan melakukan studi kelayakan di mana lagi tempat-tempat yang membutuhkan Jak Grosir.

"Terutama kita berharap masyarakat di Kepulauan Seribu nantinya akan bisa mengkonsumsi bahan-bahan makanan protein tinggi termasuk daging," terang Anies.

"Karena saat ini konsumsi mereka sangat rendah. Kalau ikan sudah tinggi tapi ayam, daging sapi, daging kerbau itu masih rendah," sambungnya.

Nantinya, yang bisa berbelanja di Jak Grosir hanya para pedagang yang sudah teregistrasi dan telah diberikan kartu.

Tercatat sudah ada 592 pedagang yang teregistrasi dengan kartu, terdiri dari pedagang di Pulau Tidung sendiri dan Pulau lain di sekitarnya.

"Jadi bisa by phone mereka. Kemudian mengorder barang di sini dan kita antar langsung ke pulau masing-masing," tutup Anies.[dod]

Komentar Pembaca