Gelombang Gerakan Mahasiswa Harus Jadi Catatan Serius Jokowi

Politik  SENIN, 23 SEPTEMBER 2019 , 06:54:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Gelombang Gerakan Mahasiswa Harus Jadi Catatan Serius Jokowi

Presiden Jokowi/Ist

Beberapa hari ini gelombang aksi protes dari elemen mahasiswa tak terbendung. Mereka mengkritik pemerintahan Jokowi dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang akhir-akhir ini terkesan kejar target menyelesaikan beberapa UU tanpa melibatkan publik secara maksimal.

Direktur Arus Survei Indonesia Ali Rif'an mengatakan, aksi demonstrasi mahasiswa adalah hal yang wajar. Aksi tersebut merupakan instrumen politik untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutan ke DPR dan pemerintah.

"Cuma dalam perspektif politik, ini bisa jadi catatan serius," kata Ali Rif'an kepada Kantor berita Politik RMOL, Senin (23/9).

Lebih lanjut, Ali menambahkan, Joko Widodo adalah presiden petahana yang kembali terpilih dan belum resmi dilantik. Aksi ribuan mahasiswa itu, kata Ali akan menurunkan kepercayaan publik terhadap rezim pemerintahan Jokowi.

"Jokowi sebagai presiden incumbent terpilih belum dilantik. Aksi mahasiswa yang kini terjadi bisa menurunkan kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jokowi periode kedua," tambahnya.[dod]

Komentar Pembaca