Akhirnya Megawati Restui Prasetio Kembali Pimpin DPRD DKI

Politik  RABU, 02 OKTOBER 2019 , 12:08:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Akhirnya Megawati Restui Prasetio Kembali Pimpin DPRD DKI

Prasetio Edi Marsudi/Ist

Setelah melalui penggodokan yang alot, akhirnya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kembali merestui Prasetio Edi Marsudi menjadi Ketua DPRD DKI Jakarta.

Diketahui, ada dua kader partai berlambang banteng moncong putih itu lainnya yang berebut kursi orang nomor satu di parlemen Kebon Sirih, yaitu Ida Mahmudah dan Gembong Warsono.

Informasi yang diperoleh, penunjukan Prasetio berdasarkan surat keputusan Nomor 737/IN/DPP/X/2019 perihal Pengesahan dan Penetapan Calon Ketua DPRD DKI Jakarta.

Surat tersebut diteken Megawati dan Sekjen Hasto Kristiyanto di Jakarta pada Selasa (1/10).

"Iya betul (Prasetio ditunjuk Megawati jadi Ketua DPRD). Dokumennya hari ini akan kami kirim ke Setwan," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono kepada wartawan, Rabu (2/10).

Gembong mengaku tak mengetahui alasan Presiden RI ke-5 itu memilih Prasetio kembali duduk di posisi Ketua DPRD DKI. Menurut dia, Megawati memiliki pertimbangan tersendiri dalam pemilihan tersebut.

"Ya DPP lah kalau pertimbangan itu karena kewenangan mereka," ujar Gembong.

Gembong menyebut dirinya tidak mempermasalahkan DPP tak memilih dirinya untuk duduk di kursi orang nomor satu di DPRD DKI. Kata dia, setiap kader partai harus tunduk kepada tugas yang diberikan oleh ketua umum.

"Maka semua pihak dan kader partai harus tunduk pada keputusan itu. Untuk mengamankan dan membantu kinerjanya kader yang telah ditunjuk," tutup Gembong.

Seperti diketahui, dari lima parpol yang berhak duduk di kursi pimpinan parlemen, hanya tinggal Partai Demokrat yang belum mengumumkan kadernya.

Tiga partai yang sudah mengirimkan kadernya untuk duduk di kursi pimpinan DPRD, yakni, Mohamad Taufik perwakilan dari Partai Gerindra, Abdurrahman Suhaimi dari PKS dan Zita Anjani dari PAN.[dod]

Komentar Pembaca