Pemerintah Mesti Aktif Berikan Informasi Terkait Produk Penyebab PTM

Ragam  JUM'AT, 04 OKTOBER 2019 , 09:40:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Pemerintah Mesti Aktif Berikan Informasi Terkait Produk Penyebab PTM

Diskusi produk penyebab PTM/ist

Saat ini masih banyak ditemui produk yang sebenarnya berbahaya, tetapi tidak memberikan informasi yang jelas mengenai dampak yang disebabkan. Padahal produk tersebut dapat menyebabkan Penyakit Tidak Menular (PTM), di antaranya stroke, hipertensi, diabetes, kanker, dan penyakit paru obstruktif kronis.
 
Hal ini diungkapkan Marzuki Darusman, Ketua Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST), saat membuka hasil penelitian lembaga yang dipimpinnya mengenai produk berbahay tersebut kepada awak media, Kamis (3/10).

Menurutnya, di Indonesia informasi selama ini masih bersifat pasif, artinya masyarakat harus mencari sendiri terkait dengan produk. Sementara di negara maju informasi berkembang secara aktif, pemerintah berikan informasi kepada masyarakat.

"Jadi, peran pemerintah penting untuk beri informasi dan pendidikan publik, serta memberdayakan dan memberikan akses ke informasi," tegas Marzuki.

Tak sedikit, lanjutnya, beberapa produk menyebut produk mereka tidak lebih berbahaya dibanding produk yang lain. Salah satu contohnya adalah rokok elektrik, yang disebut dapat mengurangi ketergantungan dari rokok konvensional melalui proses pembakaran. Namun, perusahaan tidak memberikan informasi bahwa produknya dapat menimbulkan efek lain.

"Contoh lainnya sambal pedas dengan stadium lebih, pemanis lebih baik dari gula, produk rokok dan susu yang diklaim sebagai produk yang lebih sehat," ungkap Marzuki.

Sementara, karena tidak memiliki informasi yang lebih lengkap dan tidak punya pilihan untuk mendapatkan informasi kesehatan, masyarakat akan mudah terpengaruh menggunakan produk-produk tersebut. Karena itu, dibutuhkan ketersediakan informasi yang sesuai standar kesehatan yang layak.
 
"Untuk mengupayakannya, FIHRRST melakukan penelitian untuk meningkatkan kesadaran hubungan hak asasi, peningkatan kesehatan, dan informasi produk yang berkaitan dengan penyakit," tandasnya. [rah]


Komentar Pembaca
Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:16:32

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49