Peluncuran Buku The Ma'ruf Amin Way: Koperasi Itu Keren

Ekonomi  JUM'AT, 04 OKTOBER 2019 , 14:11:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Peluncuran Buku The Ma'ruf Amin Way: Koperasi Itu Keren

Peluncuran Buku The Ma'ruf Amin Way/RMOL

Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 KH. Ma'ruf Amin menghadiri peluncuran buku tentangnya berjudul The Ma'ruf Amin Way yang ditulis oleh Anwar Abbas dan Sahala Panggabean.

Peluncuran buku itu mencuri perhatian komunitas ekonomi Tanah Air karena dinilai berhasil mengintegrasikan tiga hal penting secara bersamaan, yaitu sistem ekonomi Pancasila, kondisi ekonomi kekinian, dan pemikiran ekonomi KH. Ma'ruf Amin.

Pemikiran-pemikiran Ma’ruf Amin yang didemonstrasikan secara apik di buku ini memaknai bahwa ekonomi harus berdasarkan keadilan, keumatan kerakyatan, dan kedaulatan.

Dalam sambutannya, Ma'ruf mengatakan, pembangunan ekonomi yang berpihak kepada rakyat kecil akan diprioritaskan dalam masa mendampingi kepemimpinan Joko Widodo pada periode kedua mendatang.

"Keberpihakan terhadap kelompok ekonomi kecil akan jadi fokus utama. Itu sebagai antitesa ekonomi yang condong kapitalistik," kata Ma'ruf di Westin Hotel, Jakarta, Kamis (3/10).

"Kekayaan tidak boleh hanya beredar pada orang kaya saja tapi harus terdistribusi kepada seluruh komponen rakyat," sambungnya.

Menegaskan pemikiran tersebut, Sahala Panggabean juga menyatakan bahwa dalam menjalankan roda ekonomi Indonesia yang sejalan dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 3 tidak lain tidak bukan harus melalui koperasi.

"Pola bangun ekonomi yang sangat tepat untuk rakyat Indonesia adalah koperasi. Berkoperasi Itu Keren," papar Sahala.

Dalam buku 'The Ma'ruf Amin Way dijelaskan pada tahun 2020 Indonesia akan menghadapi pertumbuhan besar kelas menengah, milenial dan urban.

"Prinsip dasarnya sederhana yaitu one man, one vote pada koperasi, bedakan dengan perseroan yang one share, one votevote," ujar Sahala. "Itulah yang kami kagumi dari Bapak KH. Ma’ruf Amin, karena beliau juga bertekad menjadikan Indonesia sebagai Ikon Pusat Ekonomi Syariah Dunia melalui Platform Digital tersebut," tutupnya.

Acara peluncuran buku ini juga dihadiri oleh para menteri serta pejabat negara, seperti Menristek Dikti Mohammad Nasir, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepala BKPM Thomas Lembong, Ketua BPK Daniel Lumban Tobing, Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, dan Mantan Kepala BIN A.M. Hendropriyono.

Selain itu, turut dihadiri tamu kehormatan dari negara tetangga seperti Ambassador of Malaysia, Singapura, Turki, Italia, San Marino, Suriname, Irak dan Afghanistan.[dod]

Komentar Pembaca
Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:16:32

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49