Berasal Dari Partai Pendukung Jokowi, Wajar Publik Ragukan Puan dan Bamsoet

Politik  MINGGU, 06 OKTOBER 2019 , 13:05:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Berasal Dari Partai Pendukung Jokowi, Wajar Publik Ragukan Puan dan Bamsoet

Puan Maharani/Net

Terpilihnya Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI dan Bambang Soesatyo alias Bamsoet sebagai Ketua MPR periode 2019-2024, tak sepenuhnya memuaskan publik.

Meski keduanya dianggap memiliki jam terbang yang cukup memadai, namun tak sedikit publik yang menaruh pesimistis terhadap keduanya.

Yang menjadi persoalan adalah publik mempertanyakan sejauhmana komitmen dua politisi tersebut dapat memerankan fungsi lembaga negara sebagai representasi kepentingan rakyat dan tidak terjebak sebagai stempel legitimasi pemerintah.

"Hal ini terutama menyangkut peran DPR dalam menjalankan check and balances," kata Pengamat Politik dari Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Minggu (6/10).

Puan sebagai Ketua DPR berasal dari partai yang sama dengan Presiden Jokowi, PDIP. Begitupula dengan Bamsoet sebagai Ketua MPR yang berasal dari Golkar sebagai partai pendukung Jokowi.

Karenanya Ade menilai sangat wajar jika sejak dini berkembang suara minor terhadap masa depan kedua lembaga ini dalam menjalankan kepentingan publik.

"Terutama DPR untuk mengawasi pemerintahan," cetus Ade.

Kendati demikian, Ade menyarankan kedua pimpinan baru di parlemen ini diberikan kesempatan untuk membuktikan komitmen dan kinerjanya kepada masyarakat.

"Karena masih terlalu dini untuk menyimpulkan secara apriori terhadap duet kedua tokoh tersebut," pungkas Ade.[dod]

Komentar Pembaca
Deklarasi Korps Alumni FKDM

Deklarasi Korps Alumni FKDM

KAMIS, 19 DESEMBER 2019 , 13:58:00

Selfie Bareng  Anies

Selfie Bareng Anies

JUM'AT, 20 DESEMBER 2019 , 20:45:00

Anies Keliling Pantau Misa Natal

Anies Keliling Pantau Misa Natal

SELASA, 24 DESEMBER 2019 , 19:24:00