PUPR Gelar Sayembara Ide Dan Desain Ibukota, Mardani: Harus Layak Huni

Nasional  SELASA, 08 OKTOBER 2019 , 10:34:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

PUPR Gelar Sayembara Ide Dan Desain Ibukota, Mardani:  Harus Layak Huni

Mardani Ali Sera/Ist

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Mardani Ali Sera, mengapresiasi terobosan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang saat ini sedang membuat sayembara ide dan desain kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

"Apresiasi PUPR yang sudah melibatkan publik untuk bahas IKN," kata Mardani saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOLJakarta, Selasa (8/10).

Oleh karena itu, Mardani berharap hal seperti ini dapat terus disosialisasikan dan meningkatkan partisipasi publik dalam pembahasan IKN.

Kendati begitu, Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menegaskan, kriteria IKN mesti ruang terbuka hijau.

"Yang mencukupi dan pengelolaan energi, air bersih, air kotor hingga sampah dan moda transportasi semua terencana dengan baik," terang Mardani.

"Diatas itu semua IKN menjadi tempat yang secara ekonomis dan sosiologis layak untuk ditempati," pungkasnya.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, telah meluncurkan sayembara yang dapat diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia untuk berbagi ide dan desain kawasan IKN.

Basuki mengatakan, pendaftaran sayembara dibukanya dari tanggal 2 hingga 18 Oktober.

"Para peserta diperbolehkan menyusun ide-ide dan gagasannya sampai akhir tahun," ujar Basuki.

Untuk diketahui Presiden Joko Widodo telah resmi memilih Kalimantan Timur sebagai tempat untuk memindah pusat pemerintahan. Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara menjadi lokasi spesifik ibukota baru.[dod]

Komentar Pembaca