Soal Maraknya Usulan Anggaran Aneh, Sekda Salahkan Anies Yang Tak Teliti

Jakarta  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 10:24:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Soal Maraknya Usulan Anggaran Aneh, Sekda Salahkan Anies Yang Tak Teliti

Anies Baswedan/RMOL

Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) DKI Jakarta 2020 menyita perhatian publik.

Pasalnya, ditemukan beberapa usulan anggaran yang cukup mengejutkan. Diantaranya kenaikan anggaran Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) dari Rp19 miliar menjadi Rp26,5 miliar.

Selain itu, adapula renovasi rumah dinas Gubernur DKI yang dianggarkan senilai Rp 2,422 miliar dan anggaran pengadaan lisensi perangkat lunak (software) dan antivirus yang mencapai Rp 12 miliar.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta menilai, maraknya usulan anggaran aneh yang lolos karena Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak mengetahui detail yang diusulkan.

"(Usulan) ditandatangani Gubernur dong," kata Saefullah dalam keterangannya, Selasa (8/10).

Menurut Saefullah, kondisi tersebut terjadi karena Pemprov DKI memiliki banyak program dan kegiatan, sehingga tidak mungkin Anies mencermati anggaran secara satu per satu.

"Kegiatan kita itu jumlahnya ribuan per tahun. Satuan anggarannya mencapai puluhan ribu. Kan orang enggak bisa tahu satu per satu besaran anggaran itu," ujar Saefullah.

Saefullah menegaskan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) semestinya yang melakukan pembahasan dan pengagajuan anggaran.

Meski demikian, kata Saefullah, rancangan anggaran itu masih sementara sehingga masih bisa dibahas dan berubah nantinya.

"Justru itu, naik turunnya dalam pembahasan, rasionalisasinya seperti apa. Besaran anggaran di situ kan bukan sesuatu yang mengikat karena masih dibahas," pungkas Saefullah.[dod]

Komentar Pembaca
Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:16:32

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49