Resmi Pimpin PPM, Ini Pernyataan Berto Izaak Doko

Polhukam  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 19:50:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Resmi Pimpin PPM, Ini Pernyataan Berto Izaak Doko

Berto Izaak Doko/Net

Berto Izaak Doko resmi memimpin Pemuda Panca Marga (PPM) setelah melalui proses pelantikan oleh Ketua Umum Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Letjen TNI (Purn) Rais Abin.

Pelantikan dilangsungkan di Gedung AH Nasution, Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (9/10).

Pelantikan dihadiri oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI Tri Legionosuko serta jajaran keanggotaan LVRI dan PPM.

Kemudian Berto mencium bendera LVRI dan bendera PPM sebagai simbol pelantikan.

Usai dilantik, Berto dan pimpinan baru PPM membacakan sumpah setia PPM. Berto terpilih melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa Pemuda Panca Marga (PPM) di Hotel Ibis, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (7/9).

Berto berkomitmen akan memimpin PPM supaya setia kepada NKRI. Selain itu, bersama-sama TNI dan Polri, PPM bertekad untuk menjaga keamanan negara.

"Sikap kita jangan lagi abu-abu. Sikap kita tegak lurus terhadap NKRI. NKRI harga mati, merah putih bendera kita, pimpinan kita adalah Bapak Jokowi, udah itu, titik," kata Berto.

"Kita akan bisa melakukan yang terbaik bersama-sama. Kami akan bersama-sama baik bersama TNI dan Polri untuk tetap menjaga NKRI," lanjut Berto. Sebelumnya, Ketua Umum DPP LVRI, Letjen TNI (Purn) Rais Abin, mengatakan Pemuda Panca Marga (PPM) tetap di bawah naungan veteran. Penegasan itu disampaikan menyambut terpilihnya Berto Izaak Doko sebagai Ketua Umum PPM yang baru.

"PPM boleh berdiri sebagai organisasi kemasyarakatan, tetapi tetap di bawah naungan veteran, tidak boleh berjalan sendiri tanpa arah yang jelas,’’ tegas Rais Abin dalam siaran persnya, Senin (9/9).

Menurut Rais Abin, pihaknya telah membekukan kepengurusan PPM di bawah Abraham Lunggana alias Haji Lulung, dan secara sah, telah membentuk presidium untuk mengantarkan ke Munaslub. Puncak penyelesaian adalah Munaslub, dan telah memilih Berto Izaak Doko, cucu Pahlawan Nasional Izaak Huru (IH) Doko, sebagai Ketua Umum Pemuda PPM.

Mengapa PPM harus tetap berada di bawah veteran, menurut Rais Abin, sejak didirikan pada 1967, veteran ingin menitipkan keluhuran pada generasi penerus, yakni anak-anak biologis para veteran.

"Panca Marga adalah Kode Paling Luhur bagi veteran, karena itu harus dikembalikan kepada tujuan awalnya, meneruskan jiwa veteran sebagai pejuang,’’ katanya.

Seiring dengan perkembangan munculnya Munas X PPM, Ketum LVRI itu memastikan, tidak boleh ada PPM di luar kendali veteran.

"PPM itu seperti manusia super, manusia yang luhur dan patuh pada jiwa kepahlawanan yang ada di dada setiap veteran,’’ tandasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:16:32

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49