Hasil Audit BPKP: Kinerja Pasar Jaya Kategori Baik

Ekonomi  RABU, 09 OKTOBER 2019 , 20:05:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Hasil Audit BPKP: Kinerja Pasar Jaya Kategori Baik

Perumda Pasar Jaya dan BPKP DKI Jakarta/RMOL

RMOLJakarta.Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DKI Jakarta, Samono mengungkapkan, kinerja Perumda Pasar Jaya masuk dalam kategori baik. Hal ini terungkap dari hasil audit kinerja Perumda Pasar Jaya tahun 201i dengan poin 75,55.

"Nilai itu menunjukkan dimana posisi kita pada saat tertentu. Alhamdulillah dapat nilai baik. Tapi yang perlu dicermati adalah dimana dan kemana kita nanti. Nikmati prosesnya saja. Karena yang bisa berdampak langsung secara riil itu jika prosesnya on the track. Yang perlu kita camkan bersama adalah kita harus berproses menjadi lebih baik," kata Samono, di Jakarta, Rabu (9/10).

Dia meyakini, manajemen Perumda Pasar Jaya bisa memperbaiki hal-hal yang kurang dan menjadi prioritas. Menurutnya, Pasar Jaya harus bisa melayani semua lapisan masyarakat, baik dari sisi pelayanan, keuangan, operasional dan lainnya.

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), kata Samono, Pasar Jaya harus turut mewujudkan visi misi Gubernur DKI Jakarta.

"Good Corporate Governance dan akuntabilitas itu keniscayaan. Kita ketahui direksi Pasar Jaya berupaya terus meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik. Mudah-mudahan hasil audit kinerja ini bisa memberikan informasi bagi direksi untuk mengambil keputusan agar diketahui dimana titik kita, dan bagaimana mencapai visi misi atau tugas khusus yang diberikan Pak Gubernur," papar Samono.

Koordinator Pengawasan Akuntan Negara 2, Prakarsa Panastas Tambunan menjelaskan, indikator kinerja Perumda Pasar Jaya yang diaudit BPKP terkait keuangan, pelanggan, operasional, dan organisasi. Menurutnya, penilaian kinerja Pasar Jaya itu dilakukan berdasarkan pedoman evaluasi kinerja BUMD dan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2004 tentang Pedoman Penilaian Tingkat Kesehatan BUMD DKI Jakarta.

"Kalau diatas 90 persen skornya itu baik sekali, 75-90 persen baik, 60-75 persen cukup, 50-60 persen kurang, kurang dari 50 persen tidak baik. Hasil evaluasi kinerja Perumda Pasar Jaya tahun 2018 mencapai 75,55 persen dengan predikat Baik," kata Prakarsa.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, penilaian BPKP atas kinerja Perumda Pasar Jaya membaik. Sebelumnya, audit kinerja BPKP yang dilakukan pada tahun 2016 mendapatkan skor 64,78 persen. Namun, dia menginstruksikan jajaran manajemen Pasar Jaya agar tetap menjalankan bisnis sesuai tata kelola perusahaan yang baik.

: Skoring ini membaik. Tapi tantangannya sangat banyak. Kalau lihat temuannya, harusnya tidak perlu ada tapi ini terjadi. Saya minta jajaran direksi untuk menata lebih baik karena ada ruang pendapatan yang tidak bisa kita capai. Seperti kantor kas Bank DKI pun ada yang belum tertagih. Saya yakin masih ada temuan lainnya yang menjadi potensi bisnis kita," tutup Arief.[dod]

Komentar Pembaca
Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:16:32

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49