Soal Penerbitan SPDP Polda Metro Jaya, Ini Klarifikasi Pengurus Koperasi Uber

Hukum  KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 10:04:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Soal Penerbitan SPDP Polda Metro Jaya, Ini Klarifikasi Pengurus Koperasi Uber

Musa Emyus/Net

Sekretaris Koperasi Jasa Trans Usaha Bersama (KJTUB) yang mewadahi pengemudi Uber, Musa Emyus meluruskan soal kabar Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang dikeluarkan Polda Metro Jaya. Dalam SPDP tersebut yang menjadi terlapor adalah Agung Eko Ismanto.

Musa mengatakan, SPDP tersebut terkait dugaan pemalsuan dokumen pelapor yang isinya tidak mengakui bahwa pelapor tanda tangan dalam rapat pengurus KJTUB.

"Jadi bukan SPDP kasus dugaan penggelapan keuangan," kata Musa melalui keterangan tertulisnya, Kamis (10/10).

Kata Musa, untuk hal ini akan dilakukan laboratorium forensik pemeriksaan kebenaran tanda tangan tersebut.

"Proses penyidikan ini akan kami jalani prosesnya dan uji labfor keaslian tanda tangan pelapor, guna mendapatkan kebenaran," sambungnya.

SPDP dengan Nomor B12206/ V/ Res19 / 2019 Datro ini ditujukan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta untuk menindaklanjuti laporan eks Sekreraris KJTUB Supriyanto tanggal 29 Maret 2019.

SPDP dengan telapor Agung Eko Ismanto tersebut diteken Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Ade Ary Syam Indradi dengan tembusan Kapolda Metro Jaya dan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Sementara terkait laporan keuangan yang dituntut oleh mantan pengurus KJTUB, yaitu Supriyanto dan Hariyanto sudah kandas di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Majelis hakim PN Jakarta Selatan memutuskan pelapor Supriyanto dan Hariyanto tidak memiliki legal standing dan menyatakan permohonan pemohon ditolak.

"Bahwasanya pelapor Supriyanto dan Hariyanto tidak memiliki legal standing, berdasarkan putusan PN Jakarta Selatan Nomor: 282/pdt/2018/PN.jkt Sel yang menyatakan permohonan termohon ditolak," kata pengacara KJTUB, Faris Satria Alam kepada wartawan, Senin (29/7).[dod]

Komentar Pembaca
Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:16:32

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

Video Bukti Upaya Pembunuhan Wiranto Bukan Rekayasa

JUM'AT, 11 OKTOBER 2019 , 16:08:49