Paloh dan Prabowo Layaknya Sedang Reuni

Politik  SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 11:17:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Paloh dan Prabowo Layaknya Sedang Reuni

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh/Ist

Silaturahmi kebangsaan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Jalan Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (13/10) berlangsung hangat.

Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi menilai pertemuan kedua tokoh tersebut layaknya sedang reuni.

"Baik Prabowo maupun Surya Paloh, keduanya punya sejarah politik yang sama dimana sebelumnya berkiprah di Golkar," ungkap Ade saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Senin (14/10).

"Hubungan masa lalu tentu mempermudah keduanya untuk membangun relasi politik yang erat meski berbeda partai," lanjutnya.

Menurut Ade, baik Gerindra maupun Nasdem juga tidak memiliki rentang ideologis yang tajam. Keduanya dalam spektrum politik nasionalis-populis sehingga tidak ada hambatan ideologis jika kemudian berkongsi dalam pemerintahan Jokowi jilid kedua ini.

"Jika keduanya masuk dalam koalisi pemerintahan, hambatan yang potensial terjadi diperkirakan hanya soal perebutan posisi pemerintahan maupun kebijakan yang dianggap strategis bagi kedua partai tersebut, " jelas Ade.

"Biasanya, hal tersebut tidak akan terlalu sulit untuk dipecahkan karena dapat diselesaikan dengan pertukaran kepentingan dan power sharing," pungkasnya.

Prabowo datang lebih awal 30 menit dari jadwal yang diumumkan, yaitu pukul 18.30 WIB dengan menggunakan mobil Alphard warna putih miliknya ditemani Waketum Partai Gerindra Edhy Prabowo dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Dalam pertemuan ini, Surya Paloh juga didampingi oleh Sekjen Nasdem, Johnny G Plate. Usai pertemuan, Prabowo membantah apabila pertemuan membahas jatah menteri.[dod]

Komentar Pembaca