Taufik Optimis Pembahasan APBD Rampung Akhir November

Jakarta  SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 14:25:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Taufik Optimis Pembahasan APBD Rampung Akhir November

Mohamad Taufik/Ist

DPRD DKI Jakarta berkomitmen bakal kebut pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020. Walaupun, pelantikan pimpinan dewan definitif baru digelar hari ini, Senin (14/10).

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan, walaupun pelantikan pimpinan DPRD DKI Jakarta molor, namun tidak akan mengurangi kinerja dewan. Terutama untuk menyelesaikan pembahasan APBD DKI Jakarta 2020.

"Nggak masalah. Bisa dikebut, apalagi banyak dewan baru lagi semangat-semangatnya, masih rajin,” kata Taufik di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (14/10).

Politisi Partai Gerindra itu juga memastikan pembahasan APBD DKI tahun 2020 bisa selesai sesuai jadwal alias rampung sebelum akhir November.

Untuk itu diusulkan agar APBD DKI lebih cepat selesai, rapat pembahasan dilakukan di tempat khusus. Hal itu supaya anggota dewan lebih fokus menyelesaikan rapat-rapat penyusunan APBD.

"Bisa saja dibahas di lokasi lain, misalnya di Puncak, Bogor, kan ada vila Jaya Raya punya Pemda. Bahas di situ beberapa hari, anggota dewan kan nggak pulang-pulang biar cepat selesai,” ucap ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta itu.

Terkait pembentukan AKD (alat kelengkapan dewan) pada periode kali ini, lanjut dia, sejauh ini berjalan lebih cepat dibanding periode sebelumnya. Sebab, pada periode kali ini tidak ada koalisi besar seperti periode sebelumnya.

Pada periode sebelumnya ada koalisi merah putih, pembentukan AKD memakan waktu hingga tiga bulan. Periode sekarang, bulan ini juga bakal selesai. Karena dewan bekerjanya lebih smooth,” tutup Taufik.[dod]

Komentar Pembaca