Menhan Tegaskan PPM Organisasi Biologis LVRI

Polhukam  SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 14:11:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Menhan Tegaskan PPM Organisasi Biologis LVRI

Pelantikan Ketum PPM Berto Izaak Doko/Ist

Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu menegaskan bahwa Pemuda Panca Marga (PPM) merupakan organisasi biologis dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang tidak terpisahkan.

Dengan demikian tidak ada dualisme kepengurusan PPM, karena yang sah adalah yang berada dibawah naungan LVRI.

"Pemuda Panca Marga adalah organisasi kemasyarakatan pemuda yang bersifat kekeluargaan dan merupakan wadah berhimpun bagi putera-puteri veteran Republik Indonesia beserta keturunannya yang memiliki hubungan kesejarahan, aspirasi dan koordinasi dengan LVRI dan merupakan bagian dari Keluarga Besar TNI/Polri,'' kata Ryamizard melalui pesan tertulisnya yang disampaikan Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI Tri Legionosuko kepada awak media di Jakarta, Selasa (15/10).

Menurutnya, LVRI sebagai orangtua biologis dan ideologis harus tetap membina, agar arah dan tujuan perjuangan organisasi dapat terarah.

"Jika dilepaskan, tanpa arahan dan pembinaan LVRI, sama saja membiarkan sebuah organisasi yang liar tanpa arah yang jelas,'' ujar Ryamizard.

Kata Ryamizard, PPM berfungsi sebagai sarana dalam proses pewarisan, pelestarian serta pembudayaan jiwa, semangat dan nilai-nilai juang 45 sebagai perwujudan kesetiaan kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya tegaskan kembali bahwa organisasi PPM di bawah naungan LVRI. PPM adalah organisasi biologis dari LVRI yang tidak akan terpisahkan dan sebagai perekat NKRI dalam pelestarian Pancasila dan nilai-nilai perjuangan 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. PPM harus kembali kepada khittahnya yang benar," tegas Ryamizard.

Dalam pesan tertulisnya tersebut, Menhan juga menyebutkan bahwa khittah PPM, yakni bebas dari politik praktis dan tetap mengakui LVRI sebagai organisasi induk yang melahirkannya.

Sebelumnya, Berto Izaak Doko resmi memimpin PPM setelah melalui proses pelantikan oleh Ketua Umum LVRI Letjen TNI (Purn) Rais Abin. Pelantikan dilangsungkan di Gedung AH Nasution, Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (9/10) lalu.

Pelantikan dihadiri oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letjen TNI Tri Legionosuko serta jajaran keanggotaan LVRI dan PPM.

Menanggapi pesan tertulis Menhan, Berto berkomitmen melakukan yang terbaik bersama-sama.

"Kami akan bersama-sama, baik bersama TNI dan Polri untuk tetap menjaga NKRI," ucap Berto.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP LVRI, Letjen TNI (Purn) Rais Abin mengatakan, PPM boleh berdiri sebagai organisasi kemasyarakatan, tetapi tetap di bawah naungan veteran.

"Tidak boleh berjalan sendiri tanpa arah yang jelas,’’ tegas Rais.

Menurut Rais, pihaknya telah membekukan kepengurusan PPM di bawah Abraham Lunggana alias Haji Lulung, dan secara sah, telah membentuk presidium untuk mengantarkan ke Munaslub.

Puncak penyelesaian adalah Munaslub dan telah memilih Berto Izaak Doko, cucu Pahlawan Nasional Izaak Huru (I.H) Doko sebagai Ketua Umum Pemuda PPM.[dod]

Komentar Pembaca